Strategi Mind Mapping Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah

ABSTRAK
Aqidah akhlak memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan dasar agama dan sebagai landasan ajaran islam. Strategi yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran salah satunya yaitu Mind Mapping yang merupakan suatu upaya untuk mengaktifkan kedua fungsi otak dalam pembelajaran yang dapat menggapai kesegala arah dan menangkap berbagai pikiran dari segala sudut. Penerapan pendekatan melalui Mind Mapping yang lebih menekankan pada kreatifitas berpikir siswa dengan membuat catatan yang menarik dan efektif sehingga siswa mudah untuk memahaminya. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa mind mapping dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran tersebut. Imajinasi dan kreativitas siswa tidak terbatas sehingga menjadikan pembuatan dan pembacaan ulang catatan menjadi lebih menyenangkan.
Kata Kunci: Mind Mapping, Pembelajaran, Aqidah Akhlak.
Strategi Mind Mapping Pembelajaran

Strategi Mind Mapping Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah

PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan proses yang bertujuan mengubah tingkah laku peserta didik agar menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri. Aqidah akhlak memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan dasar agama dan sebagai landasan ajaran islam. Pelajaran aqidah akhlak dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan memiliki akhlaq mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral. Peningkatan potensi tersebut bertujuan supaya menjadikan peserta didik mempunya akhlaq yang baik.

Usaha dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada dasarnya merupakan kesatuan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam pemilihan dan penerapan srategi yang tepat, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain yaitu pemilihan bahan ajar dalam menyajikan proses pembelajaran agar hasil yang didapatkannya optimal dan mencapai target belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam kaitan ini, bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran, terlebih bahan ajar merupakan sarana pendukung dalam proses pembelajaran.[1]

Mata pelajaran Aqidah Akhlak bukan hanya mata pelajaran yang mengharapkan para peserta didik mampu memahami materinya saja, melainkan mata pelajaran yang mengharapkan agar perserta didik mampu menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Seperti berperilaku baik atau berakhlak mulia, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, menghormati orang tua, dan lain-lain. Sehingga mata pelajaran Aqidah Akhlak ini bukan hanya menekankan pada aspek pengetahuan saja melainkan juga aspek sikap, baik sikap sosial maupun sikap spiritual.[2]

Berapa model, strategi, atau metode pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran. Metode yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran salah satunya adalah Mind Mapping. Mind Mapping merupakan alternative pemikiran keseluruh otak terhadap pemikiran linier yang dapat menggapai kesegala arah dan menangkap berbagai pikiran dari segala sudut. Penerapan pendekatan melalui Mind Mapping yang lebih menekankan pada kreatifitas berpikir siswsa dengan membuat catatan yang menarik dan efektif sehingga siswa mudah untuk memahaminya.[3]

KAJIAN TEORI
Aqidah Akhlak.
1.      Pengertian Aqidah Akhlak
Menurut bahasa aqidah adalah mengikat atau perjanjian. Sedangkan menurut istilah Aqidah adalah urusan yang harus dibenarkan oleh hati dan diterima dari jiwa yang tenang dan tentram yang menjadikan kepercayaan dan keraguan.
Kata akhlak menurut bahasa adalah tingkah laku, moral, atau budi pekerti. Sedangkan menurut istilah akhlak adalah sikap yang telah melekat pada diri seseorang dan dalam tingkah laku atau perbuatan.
Jadi bahwasannya dapat disimpulkan Aqidah Akhlak adalah suatu kepercayaan seseorang sehingga menciptakan kesadaran manusia untuk berperilaku sesuai dengn dasar-dasar agama islam.

Baca Juga :  Strategi Dan Metode Pembelajaran Matematika Yang Efektif Bagi Siswa Mi Al Hikmah Kalidawir

2.      Hakikat Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
Pembelajaran aqidah akhlak merupakan proses pembelajaran yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pembelajaran ini sebagai bekal bagi siswa dalam menanamkan keimanan dan bertaqwa dalam pembentukan pribadi.
Hakikat pembelajaran aqidah akhlak MI merupakan penanaman nilai aqidah dan akhlak  yang akan memberi manfaat bagi siswa. Dapat membentuk prilaku maupun sikap siswa, kebaikan dan keburukan nya. Aqidah merupakan sebagai landasan utama dalam pembentukan akhlak pasa diri manusia.
3.      Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
Berdasarkan permenag No 2 tahun 2008 Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali siswa agar dapat:
a.       Menumbuhkembangkan Aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan  pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang aqidah islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
b.      Mewujudkan manusia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah islam.[4]

Mind Mapping
Mind Mapping merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan memetakan pikiran-pikiran. Dalam membuat mind mapping itu menggunakan warna, memiliki struktur alami, menggunakan garis lengkung, simbol, kata, dan gambar yang sesuai dengan satu rangkaian.

Adapun langkah-langah pembelajaran dengan menggunakan mind mapping.
a.       Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.      Guru menyampaikan materi pelajaran
c.       Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
d.      Tiap kelompok mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan
e.       Setiap kelompok menyajikan kembali materi yang telah disampaikan guru dalam bentuk peta konsep (mind map) berupa bagan atau diagram.
f.        Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan mind map yang telah dibuat.[5]

Baca Juga :  Pengaruh pembelajaran visual auditori kinestetik Terhadap perkembangan intelegensi

Adapun langkah dalam membuat  mind map dilakukan dengan cara dan bahan sederhana. Menurut Buzan langkah-langkah dalam membuat Mind Map adalah sebagai berikut:
a.       Mulai dari Bagian Tengah
Mulai dari bagian tengah kertas kosong yang sisanya panjang dan diletakkan mendatar.
b.      Menggunakan Gambar atau Foto untuk Ide Sentral
Gambar bermakna seribu kata dan membantu siswa menggunakan imajinasi.
c.       Menggunakan Warna
Bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna membuat peta pikiran lebih hidup, menambah energi pemikiran kreatif, dan menyenangkan.
d.      Menghubungkan Cabang-cabang Utama ke Gambar Pusat Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat kemudian hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ketingkat satu dan dua dan seterusnya.
e.       Membuat garis hubung yang melengkung, cabang-cabang yang melengkung dan organis, seperti cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata.
f.        Menggunakan Satu Kata Kunci untuk Setiap Garis
Kata kunci tunggal memberi lebih banyak daya dan flesibilitas kepada peta pikiran.[6]

METODE PENELITIAN
Penelitian ini digunakan dengan meggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif ini dilakukan penelitian dengan mengumpulkan data yang ada di madrasah yang akan dijadikan sebagian tempat penelitian. Lokasi penelitian MI Tarbiyatul Athfal Bangeran Dukun Gresik subjek penelitian dengan menggunakan observasi dengan wawancara kepada guru mata pelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan dari wawancara ini yaitu agar memperoleh data secara mendalam dan memperoleh jawaban sesuai dengan topik pembahasan.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian observasi dengan wawancara kepada guru mata pelajaran Aqidah Akhlak penggunaan strategi model mind mapping dalam pelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran dengan kreatifitas berpikir siswa dengan membuat catatan yang menarik dan efektif sehingga membuat siswa mudah untuk memahaminya.

Penggunaan model mind mapping dapat membawa manfaat bagi siswa dalam pembelajaran, yaitu:
1.      Siswa dapat lebih mudah mengingat materi pelajaran sekaligus dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran tersebut. Imajinasi dan kreativitas siswa tidak terbatas sehingga menjadikan siswa lebih tertarik.
2.      Siswa dapat berkonsentrasi pada gagasan-gagasannya

Adapun kelebihan model mind mapping, yaitu:
1.      Teknik yang dapat digunakan untuk mengutarakan ide-ide yang muncul dalam pemikiran
2.      Proses menggambar diagram bisa memunculkan ide ide yang lain
3.      Diagram yang sudah jadi bisa digunakan untuk panduan menulis
Permasalahan siswa dalam menghadapi pembelajaran adalah kurangnya perhatian dan motivasi dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang kesulitan belajar Aqidah Akhlak dikarenakan merasa kurang menariknya pembelajaran, sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang didapat. Oleh karena it, diperlukan pengembangan belajar siswa agar hasil belajar siswa meningkat.

Baca Juga :  Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran AUD

Pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping sebagai pembelajaran yang efektif untuk permsalahan tersebut. Dengan teknik mind mapping siswa akan mulai tertarik dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran tersebut diterapkan dengan cara membuat gambar,simbol, warna, dan animasi-animasi yang dapat menarik siswa. Teknik ini dapat membuat kerja otak berfungsi sehingga siswa tidak merasa bosan ataupun kesulitan dalam mempelajari pelajaran Aqidah Akhlak.

KESIMPULAN
Strategi mind mapping dalam pembelajaran pelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi dan kreativitas pola berfikir siswa menjadikan lebih mudah untuk memahami pelajaran. Dan membuat kerja otak berfungsi sehingga siswa tidak kesulitan atau bosan dalam mempelajari pelajaran qidah Akhlak.

DAFTAR PUSTAKA
Ayu, Gusti, Mirah Wulandari, Dra Ni, Nyoman Ganing, Drs I Nengah Suadnyana, and Singaraja Indonesia. “Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas IVA SD NEGERI 29 PEMECUTAN.” PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4, no. 1 (2016).
Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map. Harper Collins Publisher, 2005.
Fardani, Diah Novita. “Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Strategi Inkuiri Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Muhammadiyah Turus Kabupaten Klaten.” Inventa 3, no. 1 (2019): 87–95. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1810.
Kurniawati, Fitri Erning. “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Penelitian 9, no. 2 (2015): 367. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326.
Lestari, Karunia Eka, and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah.” Jurnal Matematika Integratif, 2017. https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.29-34.

Catatan Kaki
[1] Fitri Erning Kurniawati, “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak Di Madrasah Ibtidaiyah,” Jurnal Penelitian 9, no. 2 (2015): 367, https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326.
[2] Diah Novita Fardani, “Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Strategi Inkuiri Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Muhammadiyah Turus Kabupaten Klaten,” Inventa 3, no. 1 (2019): 87–95, https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1810.
[3] Gusti Ayu et al., “Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas IVA SD NEGERI 29 PEMECUTAN,” PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4, no. 1 (2016).
[4] Permenag No 2 tahun 2008 Mata pelajaran Aqidah Akhlak
[5] Karunia Eka Lestari and Mokhammad Ridwan Yudhanegara, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah,” Jurnal Matematika Integratif, 2017, https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.29-34.
[6] Tony Buzan, Buku Pintar Mind Map, Harper Collins Publisher, 2005.

Oleh: Khoirotun Nisa’

Tags: