Upaya Guru Dalam Meningkatkan Nilai Kearifan Lokal Melalui Pelajaran IPS Sejarah Di Sekolah

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak Seiring berkembangnya zaman, sebuah nilai-nilai budaya yang berkembang pada masyarakat mulai terjadi degradasi atau kemrosotan bahkan mulai dilupakan oleh generasi penerusnya. Namun disisi lain sebenarnya yang perlu dikembangkan terlebih dahulu adalah budaya lokal agar tetap bisa mengikuti perkembangan zaman dan cocok digunakan dimana pun tempatnya untuk era globalisasi yang sudah mencapai tingkat dewasa ini. Kemudian tidak menutup kemungkinan yang akan terus mengembangkan segala budaya yang telah ada adalah generasi yang sudah mampu mempelajari situasi dan kondisi kemudian mampu untuk merealisasikan sebuah pengetahuan
Kata Kunci generasi,nilai budaya
Nilai Kearifan Lokal
Abstract  As the times develop, cultural values that develop in society begin to occur degradation or decline even begin to be forgotten by the next generation. But on the other hand actually what needs to be developed first is the local culture so that it can keep up with the times and is suitable to be used wherever the place is for the era of globalization which has reached the level of today. Then do not rule out the possibility that will continue to develop all cultures that already exist is a generation that has been able to learn the situation and conditions and then able to realize a knowledge.
Keywords generation, cultural values

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Nilai Kearifan Lokal Melalui Pelajaran IPS Sejarah Di Sekolah

A.    LATAR BELAKANG
Di dalam suatu generasi penerus bangsa baik secara individual maupun kelompok harus memiliki kemampuan mental yang kuat untuk menghadapi situasi apapun dan disertai dengan kemampuan intelektual untuk membedakan sesuatu yang pantas dan bermanfaat untuk kemudian hari. Fungsi generasi penerus bangsa adalah untuk mencari sebuah informasi untuk disebar luaskan kepada masyarakat dengan tujuan agar antara masyarakat dan generasinya sama-sama mengetahui informasi yang saat itu beredar.
Baca Juga :  Efektifitas Kotak Misteri Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Tetapi pada umumnya masalah yang terjadi saat ini dikarenakan kurangnya informasi dan komunikasi antara masyarakat dan generasi yang mengakibatkan hilangnya kepribadian suatu bangsa serta nilai budaya yang terkandung didalamnya. Kondisi yang demikian juga berasal dari terus berkembangnya sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Sebuah daerah atau negara dapat dikatakan memiliki ketahanan apabila di dalamnya terdapat sebuah budaya yang terus berkembang dari generasi ke generasi yang pada hakekatnya memiliki tujuan yang berkaitan dengan kebudayaan dan kepribadian suatu bangsa atau daerah itu sendiri.

Pos terkait