Pentingnya Karateristik Moral Pada Siswa Mi

  • Whatsapp
Undangan Digital
ABSTRAK
Karakteristik moral sangat melekat bagi para orang tua, karena pentingnya karateristik moral bagi kehidupan sehari-hari. Moral bertujuan untuk melatih kepekaan anak terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat ditanamkan sejak dini di lembaga pendidikan yang pertama, MI sebagai lembaga pendidikan yang pertama memiliki kewajiban untuk mendidik moral pada usia yang cukup pas dalam pengenalan pendidikan moral. Dengan demikian mendidik moral di MI merupakan hal yang sangat efektif dalam perilaku anak untuk masa mendatang. Jika anak tersebut sudah ditanamkan moral dalam berbicara dalam perilakunya di usia dini mereka akan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan begitu sampai di masa yang akan dating hal itu akan melekat pada dirinya. Saat ini banyak kasus yang mencerminkan lunturnya moral pada siswa, seperti bullying, kekerasan. Bahkan hal seperti itu sudah biasa dikalangan pelajar padahal hal seperti itu dapat menyebabkan trauma yang mendalam bagi korbannya. Disini peran orang tua sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan rasa keterbukaan dan peningkatan moral pada anak, agar mereka mau menghormati orang lain.
Keywords: pentingnya karateristik moral
 Pentingnya Karateristik Moral Pada Siswa Mi

Pentingnya Karateristik Moral Pada Siswa Mi

PENDAHULUAN
Perkembangan globalisasi diindonesia semakin meningkat, dengan didukung oleh kemajuan iptek yang semakin merajalela dikalangan masyarakat. Tak hanya orang dewasa anak kecil sudah mengenal hp bahkan orang tua tidak ragu membelikan hp untuk anaknya. Dampak dari arus globalisasi sendiri sudah sangat terlihat seperti mulai lunturnya budaya Indonesia dan tergantikan oleh budaya-budaya luar yang banyak digemari kalangan remaja.

Banyaknya kejadian yang mencerminkan ketimpangan moral pada masyarakat sudah buakn rahasia umum lagi. Terjadi bermacam-macam perilaku yang mencerminkan moralitas yang rendah. Seperti para pemimpin yang tidak dapat dicontoh karena korupsi, melalaikan tanggung jawabnya dan masih banyak lagi. Hal ini tidak hanya terjadi dikalangan pemerintahan namun dalam lingkungan sekitar banyak ditemukan kasus-kasus yang merupakan dampak dari lunturnya moral masyarakat Indonesia.

Baca Juga :  Pengertian Evaluasi

Bacaan Lainnya

Kurangnya perhatian orang tua maupun guru menjadi faktor utama rendahnya moral anak. Jika anak dari kecil tidak diajarkan tentang moral dan sopan santun, maka hingga dewasa ia akan terbiasa untuk bersikap seenaknya. Oleh sebab itu sebagai calon orang tua dan guru sudah waktunya untuk menanamkan nilai moral sejak dini kepada anak, karena itu akan menentukan sikapnya dimasa depan.

Pos terkait