Ujian Nasional Dengan Kosep Baru ?

Ujian Nasional Dengan Kosep Baru ?, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengklarifikasi pemberitaan media yang menyebut dirinya menghapus Ujian Nasional (UN). Nadiem menyatakan UN tidak dihapus, hanya diganti konsep. Nadiem berkata bahwa UN akan diganti menjadi Assessment Kompetensi.
Ujian Nasional Dengan Kosep Baru

Dalam Assessment Kompetensi hal yang dihapus ialah format ujian per mata pelajaran yang mengikuti kelengkapan silabus dari kurikulum. Program ini mirip seperti Programme for International Student Assessment (PISA). Yang menjadi tolok ukur adalah literasi, numerasi, dan satu survei karakter siswa.

Disini yang menjadi topik hanya dua. Satu, literasi yaitu kemampuan memahami konsep bacaan, bukan hanya membaca. Kedua, adalah numerasi yaitu bukan kemampuan menghitung, tetapi kemampuan mengaplikasikan konsep hitungan dalam suatu konteks yang abstrak atau yang nyata. Selain itu, Nadiem juga menggagas survei karakter untuk menilai penanaman dn penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah. Seperti toleransi dan kebebasan berpendapat.

Nadiem sebelumnya juga menjelaskan bahwa UN yang selama iini menjadi salah satu standar kelulusan siswa akan dilaksanakan terakhir kali pada tahun 2020. Penyelenggarakan Assessment Kompetensi akan wujudkan pada tahun 2021. Gagasan ini dinilai Ketua DPR, Puan Maharani terlalu terburu-buru, dia mengatakan bahwa masyarakat perlu mengetahui lebih detail soal ujian yang akan diberlakukan untuk mengganti UN. Sedangkan gebrakan Nadiem ini didukung oleh Presiden Joko Widodo untuk mengganti UN dengan Assessment Kompetensi.
Oleh : Zuha Prisma Salsabila

Baca Juga :  Permasalahan Kesulitan Belajar Siswa pada mata pelajaran Matematika
Tags: