Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan sesorang baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. Pendidikan memberikan banyak ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat hidup menjadi semakin baik. Semua orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak tanpa membedakan status,ras, suku, atau golongan tertentu. 
Berdasarkan penjelasan diatas pendidikan juga berhak didapatkan oleh anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus yakni anak dengan karakter yang berbeda dengan anak yang ada pada umumnya atau anak yang mengalami kelainan mental, emosi, dan fisik. Maka dari itu, perlu adanya kesabaran yang tinggi, kasih sayang yang tinggi, mengerti perasaan anak dengan baik.

Pendidikan terhadap anak berkebutuhan khusus banyak membawa manfaat bagi anak itu sendiri. Melalui pendidikan dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus yang akan seterusnya dikembangkan dan berguna bagi kehidupannya. Karena banyak anak berkebutuhan khusus yang memiliki bakat yang tidak dimiliki oleh anak normal pada umumnya. Dengan adanya pendidikan anak berkebutuhan khusus menjadi anak yang disiplin dan mandiri sehingga tidak lagi bergantung pada orang lain dalam menjalankan kegiatannya.

Menurut saya, pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus itu sangat penting bagi keberlangsungan hidup bermasyarakat karena melalui pendidikan anak dapat berinteraksi dengan orang lain. Anak berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkan pendidikan. Tidak ada manusia yang tidak memiliki kekurangan. Dimata Allah semua orang sama yang membedakan hanyalah ketaqwaannya.
Oleh Silvia Mulyaning Diar

Baca Juga :  Pembelajaran Online (Daring) di Tengah Wabah Covid 19
Tags: