Pentingnya Pendidikan Pancasila

Pentingnya Pendidikan Pancasila, Pancasila merupakan bagian dari pondasi utama berdirinya Indonesia sebagai suatu negara. Bangsa Indonesia menjadikan pancasila sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini menjelaskan bahwa selurah struktur kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara menggunakan pancasila sebagai dasar tolak ukur tentang baik buruknya perilaku sebagai bangsa Indonesia.
Pentingnya Pendidikan Pancasila

Seiring perkembangan zaman saat ini generasi muda telah dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis yang penuh dilema. Bahkan pendidikan di Indonesia saat ini cenderung lebih mengedepankan penguasaan aspek keilmuan dan kecerdasan, tetapi mengabaikan pendidikan karakter. Pendidikan karakter saat ini semakin ditinggalkan. Sebagaian orang mulai tidak memperhatikan lagi bahwa pendidikan juga akan berdampak pada perilaku seseorang.

Dalam menghadapi masalah yang begitu rumit, maka perlu adanya pendidikan karakteryang dibangun melalui pendidikan seperti pendidikan pancasila.  Pendidikan pancasila diharapkan mampu menumbuhkan karakter generasi muda yang tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter. Pendidikan pancasila sangat penting khususnya bagi geneerasi muda Indonesia agar dapat terbentuk karalter unggul dan berakhlak mulia. Sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan  pancasila adalah suatu aspek penting untuk membangun karakter generasi bangsa. Pendidikan pancasila juga memiliki peranan penting dalam upaya mewujudkan kualitas masyarakat Indonesia yang siap menerima adanya globalisasi. Oleh karena itu, untuk menerapkan pendidikan pancasila perlu kerjasama yang menyeluruh antara pemerintah dan masyarakat.  Karena ini akan meningkatkan kesadaran  dan tanggung jawab kita terhadap masa depan generasi penerus bangsa yang berkualitas.
Oleh Silvia Mulyaning Diar

Baca Juga :  Olahraga Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Tags: