Pentingnya Melestarikan Seni Tari

Pentingnya Melestarikan Seni Tari, Seni tari adalah sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu. Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki banyak tarian tradisional, tentunya tarian tradisional harus terus dilestarikan agar seni tari di Indonesia tidak lenyap ditelan zaman. Jangan sampai juga seni tari milik Indonesia diakui oleh negara lain hanya karena kita tidak melestarikan tarian tradisional.
Pentingnya Melestarikan Seni Tari

Kita sebagai masyarakat seharusnya perlu melestarikan agar keberadaan seni tari tidak lenyap ditelan zaman dan tetap terjaga. Jangan sampai seni tari milik Indonesia lalu diakui oleh negara lain karena kita tidak melestarikannya. Tetapi, generasi muda zaman sekarang lebih tertarik dengan munculnya budaya modern yang populer dibandingkan dengan tari tradisional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang kita lihat saat ini generasi muda atau yang biasa kita kenal dengan istilah “Kids Zaman Now” sedang tertarik dengan segala hal yang berbau modern bahkan sudah mulai mengikuti budaya modern. Dan sedikit demi sedikit budaya tradisional seperti seni tari akan punah seiring berkembangnya zaman.

Oleh sebab itu, banyak sekali upaya yang dilakukan dalam melestarikan tarian tradisional diantaranya dengan menyarankan sekolah-sekolah untuk mengadakan lomba-lomba tari antar sekolah dengan memberi reward jika memenangkan lomba akan mudah masuk sekolah yang diinginkan menggunakan jalur prestasi, mengadakan pembinaan budaya-budaya tari tradisional, mengadakan event-event tari, membuka les privat tari, mengajarkan tari tradisional kepada anak-anak agar kebudayaan tersebut tidak hilang, ikut serta dalam rangka pelestarian budaya, serta mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan keanekaragaman kebudayaan, Indonesia memiliki keunggulan daripada negara lain. Namun, saat ini mayoritas orang-orang khususnya generasi muda sudah mulai mengabaikan kebudayaan bangsa terutama tarian tradisional. Tidak hanya sebagai hiburan, tarian juga bisa menjadi sarana berkumpul saat adanya pertunjukan atau bahkan menambah teman karena pertunjukan seni tari melibatkan banyak penonton yang ikut serta dalam pertunjukan tari sehingga dapat memupuk kerukunan dan persatuan antar sesama manusia karena kebudayaan terutama seni tari memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa dan dapat menjadi investasi yang sangat dibutuhkan untuk membangun masa depan.

Baca Juga :  Work Form Home Dan Daring Selama Pandemi Covid-19

Maka dari itu, mari tanamkan rasa cinta dan lestarikan tarian tradisional budaya kita yang sudah hampir lenyap karena bagaimanapun itu adalah termasuk dalam kearifan lokal dan hasil cipta karya bangsa.
Oleh Silvia Mulyaning Diar

Tags: