Pentingnya Literasi Keluarga dalam Sekolah

Pentingnya Literasi Keluarga dalam Sekolah, Sekolah merupakan sebagai salahsatu tempat menumbuh kembangkan pemikiran anak, tetapi sekolah juga tidak luput dari peran keluarga untuk mewujudkan pendidikan karakter seorang anak. Mengingat pentingnya penanaman semangat literasi kepada anak. Salah satu yang meningkatkan kualitas sekolah adalah dengan cara membangun kebersamaan antara guru, siswa, dan orang tua siswa melalui literasi keluarga. Dengan adanya penerapan kebersamaan tersebut akan menumbuhkan kedekatan emosional antar anak dan orangtua serta orang-orang disekitar agar terjalin kekompakkan. 

Saat ini literasi sedang mendapat perhatian, sebab Indonesia saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan yakni demografi dan angka literasi Indonesia masih dibawah negara-negara lain. Maka dari itu, tujuan literasi keluarga adalah terciptanya keluarga yang menyukai terhadap ilmu pengetahuan. Sehingga akan menumbuhkan semangat anggota keluarganya untuk terus belajar.

Selain itu, literasi keluarga dalam sekolah juga tidak kalah penting. Literasi ini juga dapat diwujudkan dengan melakukan berbagai permainan kelompok yang terdiri dari wali murid dan guru. Pentingnya literasi keluarga ini menciptakan anak-anak di Indonesia untuk religius, jujur, dan saling berbagi. Salahsatu tantangan diera digital yang semakin majunya teknologi informasi, banyak anak yang tertarik bermain gadget daripada membaca buku. Kalau ingin menanamkan minat baca anak, mulailah sejak dini. Dalam kaitanya dengan penumbuhan minat baca anak, sebagai orangtua bisa menggunakan berbagai cara diantaranya dengan membacakan cerita kepada anak sebelum tidur.

Menurut saya, jangan biarkan sekolah berdiri sendiri tanpa adanya peran literasi bagi setiap anak. Peran keluarga harus menjadi bagian dalam menumbuhkan budaya literasi. Karena orangtua menjadi panutan anak saat dirumah, sedangkan guru menjadi panutannya saat di sekolah.
Oleh Silvia Mulyaning Diar

Baca Juga :  Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle
Tags: