Laporan Hasil Pembuatan Media Pembelajaran Papan Listrik Rangkaian Seri

Laporan Hasil Pembuatan Media Pembelajaran Papan Listrik Rangkaian Seri; Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar. Hanya ada satu jalur tempat arus listrik mengalir dari sumbernya, sehingga apabila satu lampu menyala maka semua lampu akan menyala, dan begitu pula sebaliknya, jika satu lampu mati maka semua lampu akan ikut mati. Rangkaian ini biasa ditemukan pada lampu alun-alun kota, lampu penerangan di jalan tol, lampu jalan raya, dan masih banyak lagi.
Laporan Hasil Pembuatan Media Pembelajaran Papan Listrik Rangkaian Seri

Alat yang diperlukan untuk membuat media papan listrik seri:
1.    Gunting
2.    Korek api
3.    Spidol

Bahan yang diperlukan untuk membuat media papan listrik seri :
1.    Kardus bekas                5. Selotip
2.    Kertas berwarna coklat            6. Fitting lampu
3.    Baterai                    7. Kabel
4.    Lampu hias LED                8. Saklar

Cara membuat media papan listrik seri:
1.    Gunting kardus bekas membentuk persegi panjang, lalu lapisi kardus yang sudah digunting dengan kertas berwarna coklat agar terlihat lebih rapi.
2.    Susun rangkaian listrik secara sejajar, dengan memutus aliran pada sisi positif kabel kemudian pasang saklar.
3.    Lalu tempelkan ujung kabel pada katoda baterai / sisi positif  (+) baterai, dan pada anoda / sisi negatif  (–) baterai.
4.    Maka lampu akan menyala redup. Lampu menyala redup dikarenakan tegangan listrik yang dihasilkan pada baterai hanya 1,5 Volt tidak sebesar tegangan listrik yang ada pada rumah.
5.    Lalu tempelkan rangkain listrik pada kardus yang sudah dilapisi kertas coklat, dan beri hiasan agar tampilan lebih menarik.

Cara mengggunakan media papan listrik seri:
Cara menggunakan media pembelajaran ini sederhana sekali. Karena aliran listrik telah disusun menjadi rangkaian seri, jadi cara menggunakannya adalah cukup dengan hidupkan saklar, maka lampu tersebut akan menyala. Satu saklar akan membuat dua lampu menyala secara bersamaan.

Kelebihan media papan listrik seri:
1.    Memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran bab listrik, karena guru langsung membawa alat peraga dan siswa juga mampu mengamati dengan baik.
2.    Siswa bisa mencoba untuk membuat rangkaian seri sederhana seperti yang dicontohkan oleh guru.
3.    Mengetahui manfaat energi listrik, besar kecilnya tegangan pada arus listrik, sehingga siswa bisa menghemat penggunaan energi listrik (menggunakan energi listrik seperlunya).

Baca Juga :  Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat dan Perubahan Zat di MI Al - Bukhori

Kekurangan media papan listrik seri:
1.    Proses membuatnya cukup rumit
2.    Biaya pembuatannya mahal

Oleh : Nabila Retno Pratiwi 

Tags: