Efektifitas Kotak Misteri Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Efektifitas Kotak Misteri Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia ; Kotak misteri adalah media pembelajaran yang berisikan tentang materi-materi puisi yang ada didalamnya. Didalam kotak misteri berisikan pengertian puisi, unsur-unsur puisi, jenis-jenis puisi, cara membuat puisi, dan contoh puisi. Media ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan siswa-siswi dalam mempelajari materi puisi. Media pembelajaran kotak misteri ini sangat cocok untuk anak MI/SD kelas 4 semester genap dengan kompetensi inti 3 dan 4. Sedangkan kompetensi dasar 3.6 (mengenali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan) dan kompetensi dasar 4.6 (melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai ungkapan diri)
Efektifitas Kotak Misteri Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Alat dan bahan yang pergunakan adalah gunting, pensil, penggaris, spidol, solasi, double tape, lem kertas, kertas duplek, kertas metalik, kertas lipat, kertas bufalo, pita, dan kertas yang berisikan materi. Cara pembuatan media kotak misteri ini langkah pertama kita menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Selanjutnya membuat sketsa jaring-jaring kubus pada kertas duplek dan membuat sketsa tutup di kotak misteri tersebut. Kemudian gunting sketsa yang sudah dibuat pada kertas duplek. Setelah digunting kertas duplek dilapisi dengan kertas metalik agar terlihat lebih menarik dan berwarna. Gunting kertas yang berisikan materi sesuai dengan pola yang sudah ada dan tempelkan materi pada sisi bagian dalam sesuai yang diinginkan. Kemudian buatlah contoh puisi dan tempelkan pada bagian yang diingkan. Berikan gambar panah sebagai petunjuk untuk membaca. Terakhir berikan hiasan agar media pembelajaran ini agar terlihat lebih menarik untuk dipelajari siswa dan tutup media tersebut dengan pita yang sudah disediakan.

Strategi pembelajaran yang cocok digunakan untuk menjelaskan media pembelajaran kotak misteri ini adalah strategi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Cara penggunaan media ini yaitu dengan cara membuka kotak misterinya terlebih dahulu kemudian melihat format-format tulisan yang ada, pertama pengertian kemudian ada jenis, cara pembuatan, unsur dan contoh yang  saling dihubungkan dengan tanda panah. Kemudian tinggal diamati dengan serius sehingga nantinya bisa membuat puisi dengan baik dan indah sesuai dengan kaidahnya.

Baca Juga :  Media Pembelajaran Berbasis Manusia

Kelebihan dari media pembelajaran kotak materi ini yaitu lebih menarik siswa dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, mudah digunakan dan dapat menjadikan siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain kelebihan dalam media ini juga memiliki kekurangan yaitu proses pembuatannya rumit dan memerlukan waktu lama.
Berikut gambar dari media kotak misteri
Contoh puisi yang sudah jadi

Oleh : Lusi Nuril Lailiyah, Siti Nurainia Afida, Wulan Sari, Zumatul Atiqoh

Tags: