Media Pembelajaran Materi Rantai Makanan Ekosistem Laut

Media Pembelajaran Materi Rantai Makanan Ekosistem Laut
A. Alat dam Bahan
1. Kertas Kilap
2. Kertas Bufalo
3. Kardus
4. Spidol
5. Double Tape
6. Gunting
7. Gambar Ikan
8. Srerovom

B. Cara Pembuatan Media “Rantai Makanan Ekosistem Laut”
1.    Siapkan kardus dan gunting dengan ukuran yang akan kamu buat
2.    Berilah kardus dengan Double Tape, lalu siapkan kertas kilap lalu remas-remas. Tempelkan kartus dengan kertas kilap yang telah di remas-remas.
3.    Setelah itu, siapkan gunting dan gambar
4.    Kemudian, gunting gambar sesuai dengan pola gambar tersebut
5.    Setelah gambar di gunting sesuai pola, beri daoble tape pada gambar, setelah itu, lekatkan gambar yang telah di double tape dengan kertas bufalo, kemudian gambar sesuai dengan pola.
6.    Siapkan kertas bufalo dan gunting
7.    Kemudian gunting kertas bufalo secara memanjang, kemudian bentuk segitiga, kemudian bagian ujung segitiga beri daouble tape kemudian tempel gambar di ujung segitiga.
8.    Setelah itu gambar anak panas pada ketas bufalo, kemudian tempel pada kardus yang telah di double tape. Kemudian tempel gambar yang sudah di beri segitiga pada kardus. 
9.    Siapkan, sterovom dan kertas kilap
10.    Kemudian, potong sterovom sesuai dengan kardus yang anda buat. Setelah itu, remas-remas kertas kilap. Kemudian sterovom dikasih double tape, lalu tempelkan kertas kilap pada sterovom.
11.    Siapkan kertas bufalo dan gunting.
12.    Kertas bufalo di gunting seperti ombak. Setelah itu, kasih double tape pada kertas bufalo yang telah di guntig. Kemudian lekatkan bufalo pada sterovom yang telah di tempel kertas kilap.
13.    Siapkan kardus dan kerta bufalo berwarna kuning.
14.    Gunting kardus dan kertas bufalo berwarna kuning membentuk lingkaran, setelah Itu, tempelkan masing-masing keduanya. 
15.    Kemudian beri masing-masing hruruf pada kardus yang berbentuk lingkaran yang menjadi “Rantai Makanan Ekosistem Laut”
16.    Kemudian, ambil beberapa kerdus yang telah di gunting linkaran,, kemudian tumpuk beberapa kardus berbentuk lingkaran jadi satu. Kemudian beri daouble tape pada sisi samping kardus yang telah, ambil kertas kilap kemudian tempel kardus yang berbentuk lingkaran dengan kertas kilap.
17.    Setelah, itu tempelkan tumpukan kardus yang telah di beri kertas kilap dengan gambar matahari.
18.    Kemudian, tempelkan kardus berbentuk lingkaran yang di beri angka dan tumpukan kardus yang terdapat matahari, pada sterovom yang telah diberi kertas kilap dan bufalo berbentuk ombak.
19.    Lalu tempelkan sterovom pada sisi samping kardus. Dan lekatkan gambar sesuai dengan tempatnya.

C. Cara Menggunakan Media “Rantai Makanan Ekosistem Laut”
Disini guru menjelaskan bagaimana cara kerja rantai makanan ekosistem laut pada siswa, dan menyebutkan bagian-bagian gambar yang menjadi produsen, konsumen 1, konsumen2, konsumen 3, konsumen 4, hingga bakteri (pengurai).

Baca Juga :  Prosedur Pemilihan Media dan Sumber belajar

D. Kelebihan dan Kekurangan Media “Rantai Makanan Ekosistem Laut”
Kelebihan : lebih menarik siswa karna terdapat gambar-gambar lucu yang disajikan pada media pembelajaran tersebut. Dan siswa lebih memahami siapa saja yang menjadi produsen, konsumen dan pengurai pada materi rantai makanan ekosistem laut.
Kekurangan : media pembelajaran yang saya buat mudah lepas, tidak tahan dengan air, gambar luntur apabila terkena air, dan sterovom mudah patah.

Tags: