Media Pembelajaran Scrap Book Untuk Materi Cerpen

Media ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman peserta didik mengenai materi yang akan disampaikan oleh guru. Salah satunya yaitu materi tentang cerpen. Media scrap book merupakan media yang sangat sederhana pembuatannya (lihat di cara pembuatan) dan tidak terlalu rumit untuk mencari alat dan bahannya (lihat di alat dan bahan).  Bahkan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan media ini cukup terjangkau.
Media Pembelajaran Scrap Book Untuk Materi Cerpen

Cara penggunaan media ini sangatlah mudah, yakni hanya dengan membuka per halaman layaknya buku lembar kerja siswa ataupun buku yang lainnya. Ketika peserta didik membuka scrap book ini, peserta didik akan menemukan berbagai gambar-gambar yang akan membawa mereka pada sebuah kesimpulan di akhir halaman scrap book. Karena di awal cover scrap book terdapat sebuah pertanyaan “Ayo tebak, siapa aku?” yang akan membuat peserta didik semakin penasaran dengan isi yang ada di dalam scrap book. Isi-isi dalam scrap book yaitu isi materi yang berkaitan dengan cerpen, secara tidak langsung peserta didik diarahkan kepada pembahasan mengenai cerpen, atau pada intinya isi scrap book ini menjadi clue/petunjuk bagi peserta didik terhadap materi yang akan dibahas. Di akhir cover terdapat kesimpulan dengan kalimat “Saya adalah cerpen” dari kalimat yang terdapat di akhir cover scrap book tersebut, peserta didik dapat mengetahui bahwasannya scrap book ini berisi materi tentang cerpen.

Kelebihan media pembelajaran scrap book ini adalah : media pembelajarannya sangat sederhana, sehingga peserta didik tidak terlalu rumit untuk memahami materi yang akan disampaikan guru. Kemudian penggunaan nya sangat mudah sekali, cara pembuatan dari media ini juga sangat mudah sekali. Hiasan-hiasan yang terdapat dalam scrap book sangat menarik

Kekurangan media pembelajaran scrap book ini adalah : jika dilihat dengan mata telanjang, kesannya kurang kreatif karena hanya berbentuk buku. Kemudian isi materi yang ada di dalam scrap book ini juga kurang, karena hanya terdiri dari beberapa halaman saja yang tersusun dari kertas buffalo warna-warni.

Baca Juga :  Keberhasilan Pembelajaran

A.    Alat dan bahan :

1.    Gunting
2.    Silet
3.    Lem kertas
4.    Kertas Buffalo warna-warni
5.    Print gambar
6.    Print huruf abjad

B.    Cara Pembuatan :

  1. Cari berbagai macam gambar dan huruf abjad di internet yang berkaitan dengan materi cerpen (pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen, dll).
  2. Simpan gambar dan huruf abjad tersebut ke dalam Microsoft word kemudian cetak gambar dan huruf abjad tersebut.
  3. Gunting gambar dan huruf abjad dengan rapi sesuai pola gambar dan huruf abjad.
  4. Gunting kertas buffalo warna-warni yang sudah dibeli menjadi 4 bagian.
  5. Kemudian random kertas buffalo warna-warni untuk dijadikan sebuah buku.
  6. Selanjutnya kertas buffalo yang akan dijadikan buku di spiralkan kepada orang yang ahli spiral.
  7. Ketika sudah menjadi buku, tempelkan beberapa bahan gambar dan huruf abjad ke dalam buku dengan urutan yang benar.
  8. Jadilah sebuah buku berisi materi yang berkaitan cerpen yang dinamakan scrap book.

Tags: