Media Pembelajaran Busy Book

Dalam tumbuh kembang anak, anak banyak beljar mengenai berbagai macam koordinasi visiomotorik. aktivitas-aktivitas sesno-motorik telah dapat diintegrasi menjadi aktivitas yang dikoordinasi. Hal ini begitu penting misalnya pada waktu mencontoh sebuah gambar atau sebuah benda. Apa yang dilihat dengan mata harus dapat dipindahkan dengan motoriknya menjadi sebuah pola tertentu dan semua pola lokomotoriknya sudah dapat dikuasai.

 
Inilah salah satu solusi untuk anak dalam meningkatkan kreativitas dan imajinasi, yaitu busy book atau activity book. Busy book ini biasanya terbuat dari kain flannel yang berisi beberapa gambar yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan sang anak. Dengan buku sibuk ini seorang anak akan sibuk mengutak-atik mainan barunya ini, karena tiap halaman akan memberikan kesan dan pengalaman baru pada sang anak. Artinya, anak akan lebih menikmati hari-harinya dengan lebih nikmat penuh keceriaan dan pembelajaran pun tidak akan mudah bosan dilakukan oleh anak. 

Cara Pembuatan

Alat: lem kayu, lem kertas, lem tembak dan isinya, pensil, gunting, penggaris, double tip, pengahpus,

Bahan: sterofoam dan kertas manila ukuran 20×30 cm, kertas kelap-kelip, flannel, pola, benang, velcro,

Cara: 1. Siapkan kertas manila dengan ukuran yang kita inginkan, tempel satu bagian sisi kertas manila dengan kertas kelap-kelip sebagai latar background. Lem antar manila satu dengan manila yang lainnya hingga berbentuk seperti buku.
2. siapkan pola yang akan dicetak pada kain flannel, lalu gambarlah sesai dengan pola yang diinginkan, dan jangan lupa potongkai flannel sesuai dengan polanya.
3.  tempelkan semua pola flannel tadi pada kertas manila yang sudah di lem menjadi buku. Tempel sesuai dengan keinginan kalian sendiri.
4. tempelkan satu bagian sisi paling belakang dan paling depan kertas manila dengan sterofoam yang seukuran agar bisa menjadi cover buku. Jangan lupa hias pula bagian cover agar lebih menarik.

Baca Juga :  Proses Berpikir Dalam Pembelajaran Sains

Cara Pengunnaan

buka busy book yang sudah dibuat, ikuti sesuai dengan beberapa petunjuk yang telah diberikan. Mulai dari penjumlahan, pengurangan menyusung angka yang benar dan kumpulan-kumpulan permainan.

Kekurangan

1.    Jika tampak dari buku bagian atas, bawah, samping buku ini terlihat kurang rapi.
2.    Pembuatannya begitu lama dan butuh ketelitian, kesabaran dan ketelitian begitu tinggi

Kelebihan

1.    Dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak
2.    Merangsang rasa ingin tahu anak dengan cara yang menghibur dan menarik
3.    Mendorong kemampuan motoric dan keterampilan
4.    Anak tidak mudah bosan dengan belajar menggunakan busy book.

Tags: