Media Pembelajaran Box Bangun Datar

Untuk siswa kelas 2 SD/MI memerlukan media pembelajaranyang kreatif agar siswa tertarik dalam mempelajarai materi apa yang akan kita sampaikan. Oleh karena itu saya membuat Box Bangun Datar yang bertujuan untuk mempermudah siswa memahami materi bentuk-bentuk bangun datar. Dalam media kita bermain sekaligus belajar mampu di dapatkan oleh peserta didik kita. Sehingga peserta didik merasa senang saat proses pembelajaran berlangsung dan yang terpenting siswa mampu memahami materi mengenai bentuk-bentuk bangun datar.

Alat dan bahan-bahan Box Bangun Datar

1.    Kardus bekas yang memiliki tutup terpisah dengan kardusnya
2.    Potongan Kardus bekas
3.    Gunting
4.    Cutter 
5.    Solasi bermotif
6.    Lakban
7.    Double tape
8.    Kertas glitter
9.    Beberapa print out bentuk bangun datar, tulisan, dan gambar

Cara pembuatan Box Bangun Datar

  1. Langkah pertama tempelkan double tape pada tiap sudut kardus.
  2. Buka penutup double tape satu  per satu sambil kita menempelkan kertas glitter. Jangan buka penutup double tape semua terlebih dahulu karena mampu membuat hasil tempelan kertas glitter menjadi tidak rapi.
  3. Lapisi seluruh kerdus dengan kertas glitter, namun lapisi dengan kertas glitter secara terpisah antara tutup kardus dengan badan kardus. Agar kardus bisa di buka dan di tutup.
  4. Tempelkan solasi bermotif pada bagian bawah tutup yang berfungsi sebagai pembatas antara tutup kardus dengan badan kardus. Serta mampu menjadi penghias media Box Bangun Datar, agar terdiri dari berbagai warna.
  5. Setelah seluruh kardus terlapisi oleh kertas glitter dan di hiasi dengan solasi bermotif. Maka langkah selanjutnya adalah kita membuat 4 buah lubah panjang pada bagian tutup kardus. Dari 4 lubang tersebut berfungsi untuk sebagai jalan masuk bentuk bangun datar.
  6. Lalu kita potong kardus menjadi 3, yang berfungsi sebagai pembatas pada bagian dalam box agar menjadi 4 bagian. Dari pembatas tersebut berfungsi sebagai pemisah antara tempat bentuk bangun datar satu dengan yang lainnya.
  7. Tempelkan tulisan “Bentuk-Bentuk Bangun Datar” pada bagian samping tutup kardus, lalu pada bagian badan kardus tempelkan beberapa bentuk bangun datar beserta nama bangun datar tersebut.
  8. Lalu pada sisi badan kardus yang lain kita tempelkan 2 buah gambar yang berfungsi sebagai kantong/wadah untuk bentuk bangun datar. Gambar yang pertama kita tempel terlebih dahulu lalu kita beri potongan kardus agar kantongnya terlihat lebih berisi. Setelah itu kita tempelkan gambar yang ke dua, namun yang kita tempelkan hanya bagian sampingnya saja.
  9. Lalu pada bagian tutup bawah lubang kita beri keterangan mengenai bentuk apa yang akan kita masukkan pada lubang tersebut.
  10. Itulah beberapa cara pembuatan media Box Bangun Datar, selamat mencoba.
Baca Juga :  Memahami Konsep Dan Desain Penilaian Autentik

Cara penggunaan media

  1. Siswa kita ajak untuk mempelajari beberapa bentuk-bentuk bangun datar terlebih dahulu yang terdapat pada sisi box tersebut.
  2. Setelah memahami mengenai beberapa bentuk bangun datar, maka kita putar posisi box tersebut. Lalu kita ajak siswa bermain mengenai bentuk bangun datar.
  3. Kita menyuruh siswa mengambil salah satu bentuk bangun datar dari kantong pada kardus. Lalu dari bentuk yang mereka dapatkan mereka memasukkan bangun datar tersebut pada lubang yang tertera nama bangun datar tersebut.

Kelebihan Media Box Bangun Datar

1.    Mengurangi sampah karena terbuat dari bahan bekas.
2.    Mempermudah siswa memahami materi bentuk bangun datar.
3.    Tampilannya yang menarik, karena terdapat berbagai warna.

Kekurangan Media Box Bangun Datar

1.    Mudah robek jika terkena air karena dilapisi oleh kertas.
2.    Pembatas dalam Box mudah jatuh apabila box di guncang-guncangkan.
Oleh : Khofifa Merdawati

Tags: