Klasifikasi Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Dalam proses belajar-mengajar, guru dan murid pastilah membutuhkan sumber belajar agar pembelajaran berjalan secara optimal. Sumber belajar berfungsi untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar, dengan tujuan agar murid lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan (Nurlaili, 2018). Jika kita telaah kembali, sumber media berdasarkan pemanfaatnya terbagi menjadi 2 jenis, yakni (Wati, 2009):

 Klasifikasi Sumber Belajar Menurut Para Ahli

a.    Sumber belajar yang didesain (by design)
Merupakan sumber-sumber belajar yang hanya dikembangkan sebagai “komponan sisitem instruksional” yang diharapkan dapat membantu untuk mempermudah aktivitas yang bersifat formal ataupun nonformal yang memiliki tujuan tertentu. Dalam jenis ini, pembuatan sumber media dari kita sendiri. Kita yang mendesain dan kita pula yang memakainya dengan tujuan pembelajaran.

b.    Sumber belajar yang dimanfaatkan (by utilization)
Sumber belajar yang dimanfaatkan adalah sumber-sumber yang tidak didesain untuk keperluan pembelajaran namun bisa ditemukan, diterapkan, dan digunakan untuk keperluan belajar. Di sekitar kita banyak seklai sumber belajar jenis ini. Mulai dari bahan-bahan alam, lingkungan sekitar kita, hewan-hewan, dan lain sebagainya.

AECT (Association of Education Communication Technology) telah mengklasifikasikan sumber media dalam 6 macam, yakni (Abdullah, 2012):
a.    People (orang)
Yakni subjek yang menyampaikan, menjelaskan, menyajikan, mengolah suatu informasi atau pesan. Dalam dunia pendidikan, guru lah yang berperan disini. Guru menyampaikan ilmu yang luas kepada muridnya sehingga mereka menjadi orang yang paham.

b.    Messege (Pesan)
Informasi, ilmu, pesan yang disampaikan dalam bentuk gagasan, arti, fakta, maupun data.

c.    Materials (bahan)
Sesuatu yang sering disebut sebagai media. Bisa berupa sebuah alat, software, ataupun dirinya sendiri. Guru menyampaikan informasi ditunjang dengan adanya bahan pembelajaran, seperti: buku-buku, video, modul, majalah, dan lain sebagainya.

d.    Device (alat)
Sesuatu berupa perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Dapat berupa: proyektor, papan tulis, recorder, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Media Pembelajaran Dena Profesi

e.    Technique (teknik)
Langkah-langkah, prosedur, atau acuan yang digunakan dalam penyampaian suatu informasi. Dalam penyampaian informasi juga perlu menggunakan orang, informasi, bahan, alat, dan lingkungan sekitarnya. Seperti: demonstrasi, tanya jawab, dan lain sebagainya.

f.    Setting (latar)
Siatuasi tempat, waktu, atau suasana terjadinya suatu pesan atau informasi dilakukan. Pembelajaran bisa dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Termasuk dengan ruang kelas, area, sentra-sentra, sudut-sudut, dan lain sebagainya.

Tags: