Perbedaan Pengertian Media dan Sumber belajar

Dunia pendidikan di Indonesia sekarang ini terus mengalami pembaharuan serta ilmu pengetahuan yang juga semakin luas, dalam proses kegiatan pembelajaran media dan sumber belajar berfungsi sebagai alat bantu untuk penyampaian pesan kepada peserta didik. Sehingga media dan sumber belajar memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik serta menjamin mutu pendidikan.

Untuk menghasilkan kualitas media dan sumber belajar yang baik dan tepat maka diperlukannya prosedur pemilihan media dan sumber belajar yang cermat dan tepat. Namun tidak semua pendidik saat ini menerapkan prosedur pemilihan media dan sumber belajar, mereka menggunakan media dan sumber belajar yang hanya tersedia disekolah saja, sehingga mengakibatkan proses pembelajaran menjadi membosankan. 

Sehingga dengan terwujudnya kualitas pembelajaran yang baik maka pendidik harus memahami prosedur pemilihan media dan sumber belajar yang akan digunakan, karena dengan pemilihan media dan sumber belajar yang tepat dapat meningkatkan keefektivitasan dan kegiatan pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan serta dapat memunculkan motivasi belajar untuk peserta didik.

oleh karena itu kami akan menyusun artikel yang membahas tentang prosedur pemilihan media dan sumber belajar anak usia dini. Penyusunan artikel ini memiliki tujuan agar bermanfaat bagi pembaca serta menambah wawasan baru mengenai prosedur pemilihan media dan sumber belajar.

PerbedaanMedia dan Sumber belajar

Media merupakan Media perangkat yang mengandung pesan-pesan pendidikan, seperti gambar, objek berupa benda yang sebenarnya, ataupun benda tiruan. Jika ditinjau dari kesiapan menyediakannya terdapat dua jenis media. Pertama, media jadi merupakan media yang sudah menjadi komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran luas serta keadaannya sudah siap pakai.

Kedua, media rancangan adalah media yang memerlukan persiapan terlebih dahulu sebelum pemakaian untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu. Pastinya kedua jenis media tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Baca Juga :  Hidup Kelabilan Di Masa Remaja

Menurut Edgar Dale (2014:18) Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan serta digunakan untuk mendukung serta memudahkan dalam proses belajar mengajar.(Ananda, 2019)  Sumber belajar merupakan bahan atau alat permainan untuk memberikan informasi maupun berbagai  kemampuan kepada siswa dan guru.

Sumber belajar sebagai salah satu faktor atau aspek pembelajaran anak usia dini yang berperan penting dalam terlaksananya kegiatan pembelajaran yang berkualitas, dan menarik bagi anak. Sumber belajar menjadi sangat penting, karena adanya sumber belajar akan meningkatkan semangat, motivasi, dan minat anak untuk belajar dan menggali berbagai sumber informasi secara luas dan sesuai minat anak.

Anak usia dini belajar dalam keadaan yang utuh dan terikat oleh kehidupan mereka sehari-hari. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan sumber belajar yang cocok dengan karakteristik dan kebutuhan tersebut.

Penyampaian sumber belajar yang konkret dan sederhana sangat membantu perkembangan kemampuan berfikir anak. Anak akan mudah faham dengan apa yang telah disampaikan oleh guru jika memakai benda yang nyata daripada hanya disampaikan melalui lisan. Dengan begitu anak diberi kesempatan untuk belajar sesuai dengan fase perkembangannya.

Oleh kerena itu, Media dan sumber belajar merupakan komponen yang paling penting dalam proses pembelajaran, dengan adanya media dan sumber belajar dapat meningkatkan keefektivitasan, serta menarik peserta didik dalam proses pembelajaran serta mengurangi rasa bosan pada saat pembelajaran.

Dengan adanya media dan sumber belajar yang tepat dan baik dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Sehingga proses dalam pemilihan media dan sumber belajar perlu diperhatikan mulai dari tujuan yang akan dicapai, karakteristik siswa, strategi belajar-mengajar, alokasi waktu dan tempat, serta prosedur penilaiannya.

Tags: