Cara Membuat Media Pembelajaran Menyusun Kata Dari Dadu Abjad

Media ini terbuat dari kardus bekas yang bentuk menjadi kubus/dadu. Dan disetiap sisinya diberikan huruf masing, masing satu. Contoh satu dadu ada 6 sisi, setiap sisi ada huruf, a, b, c, d, e, f. Dan membuat dadunya 5-6 dadu dan huruf yang berada disetiap sisi tidak hanya 1 huruf saja. Semisal, dadu satu a, b, c, d, e, f. Dan di dadu kedua boleh huruf a digunakan lagi. Terlebih lagi huruf vocal harus lebih dari 1 huruf dari setiap sisi dadu-dadu yang dibuat.

Media ini bertujuan mengajarkan anak mengenai penyusunan kata, kata yang akan disusun juga kata yang sederhana, sekitar terdiri dari 4-5 huruf saja. Seperti kayu, bata, mama, papa, air, kipas, dsb. Media ini dirasa sangat baik mengembangkan kemampuan nalar anak, yaitu kognitifnya, dan juga mengembangkan kemampuan konsentrasi anak dan titik fokus anak terhadap intruksi, dan juga mengajarkan literasi dini pada anak dengan membaca dadu yang telah ia susun.

SASARAN

Sasaran usia yaitu 5-6 tahun atau kelompok TK B

KOMPETENSI DASAR

  • 3.12
  • 4.12

KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN

Aspek-aspek yang akan dikembangkan.

  1. Kognitif, anak mampu menyusun kata dengan huruf-huruf yang ia kenal, dan juga kemampuan konsentrasi anak akan terasah.
  2. Motorik, anak akan mengembangkan kemampuan motorik halusnya dari cara ia menyusun balok yang akan disusun menjadi kata.
  3. Bahasa, dengan menyusun huruf menjadi kata, anak akan menambah wawasan kebahasaannya dan literasi juga ia dapat pada kegiatan ini.
  4. Sosial emosional, dengan menyusun kata anak akan bertanggung jawab menyelesaikan perintah, dan juga anak akan terlatih kemandirian serta kesabarannya.

BAHAN

Kardus bekas, kertas manila, kertas origami.

ALAT

Solatip, gunting, spidol,

CARA PEMBUATAN

  1. Memotong kardus/kertas manila, berukuran 3X3 CM
  2. Setelah dipotong disatukan membentuk dadu memnggunakan solatip
  3. Setelahnya memotongi kertas origami dengan ukuran yang sama 3X3 cm
  4. Origami yang te,ah dipotongi ditulis huruf abjad dengan spidol
  5. Kertas origami yang telah ditulis dengan huruf abjad akan ditempelkan di dadu yang telah di buat, satu kertas origami, di satu sisi dadu yang dibuat, dan dikeringkan
  6. Dadu yang dibuat sudah siap digunakan.
Baca Juga :  Bahan Dan Cara Pembuatan Media Pembelajaran Quite Book

CARA MENGGUNAKAN

  1. Guru telah menentukan kata yang yang akan disusun.
  2. Dadu diletakkan berjauhan dari guru yang memberi intruksi kata, sekitar 4-5 meter, sehingga anak harus lari terlebih dahulu sebelum ke tempat dadu.
  3. Setiap anak diberikan satu kali kesempatan untuk menyusun kata.
  4. Misal A dipanggil, si A mengambil satu kertas yang sudah ada kata yang akan disusun, A mendapatkan kata batu, guru menghitung 1 2 3, A akan berlari ke meja dadu dan menyusun kata batu sesuai dengan yang ia dapatkan.
  5. Jika sudah bergantian dengan teman lainnya.

KELEBIHAN

Konsentrasi anak akan terasah, literasi anak berjalan, motorik juga ia dapatkan, dan juga belum pernah saya melihat kegiatan ini dilakukan (dari pengamatan saya)

KEKURANGAN

Anak yang belum mendapat giliran mungkin akan merasa guru tidak mau memilihnya dahulu atau mereka akan berebut ingin dipanggil duluan.

Oleh :  Hani Laili Hafidzoh

Tags: