Cara Membuat Media Pembelajaran Memburu harta karun hewan yang kelaparan

Permainan yang saya buat adalah memburu harta karun hewan yang kelaparan yang arti sebenarnya adalah memberikan makan pada hewan-hewan yang ada dibox tersebut dan knapa dinamakan harta karun karena kita menyembunyikan dulu makanannya agar kita mampu mengembangkan aspek perkembangan motorik kasar dan halus. Dan dengan permainan ini kita juga mampu mengembangkan 6 aspek perkembangan yaitu motorik, sosial emosional, kognitif, bahasa, moral dan nilai agama, dan seni.

Anak usia dini merupakan golden age yang mana daya ingatnya sangat tinggi dari pada orang dewasa, sehingga diusia mereka kia sebagai guru dan orang tua harus menstimulus perkembangan sang anak. dan cara untuk menstimulusnya bukan dengan cara belajar sambil bermain tapi learning through playing dengan itu ank tidak merasaan bahwa sebenarnya dia sedang belajar melalui bermain sehingga anak tidak bosan. Karena dunianya mereka bukanlah belajar tapi bermain dan bermain.

SASARAN

Usia 3-4 tahun

KOMPETENSI DASAR

2.5, 3.8, 4.9, 4.11

KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN

  1. Moral & Nilai-nilai Agama : Anak mampu mengetahui bahwa hewan juga termasuk mahluk hidup butuh makan, minum, istirahat dan hewan adalah citaan Allah juga.
  2. Sosial Emosional : Permainan ini bisa dilakukan individu atau kelompok yang akan dapat melatih kemampuan kesabaran sianak untuk mencari sebuah harta karun dan saling bekerja sama untuk menyelesaikan permainan ini.
  3. Bahasa : Anak mampu menyebutkan nama-nama hewan dan menyebutkan nama-nama buah-buahan dan sayuran.
  4. Kognitif : Anak dapat membedakan makanan hewan-hewan tersebut dan mengelompokkannya.
  5. Seni : Anak mengetahi berbagai macam dan bentuk buah-buahan, sayur-sayuran dan hewan.
  6. Motorik : Dipermainan ini anak mampu mengembangkan Motorik keduanya baik kasar dan halus, dimana motorik halus didapatkan anak ketika anak menggunakan tangannya untuk memasukkan makanan hewan kedalam lubang mulutnya dengan benar dan tepat. Dan motorik kasar didapatkan ketika anak menggunakan kedua kakinya untuk mencari sebuah harta karun tersebut dan memberikannya kehewan.
Baca Juga :  Cara Membuat Media Pembelajaran Corong Penjumlahan

BAHAN

  1. Kardus bekas dua macam yang tebal dan yang tipis.
  2. Gambar hewan.
  3. Gambar makanan hewan.

ALAT

  1. Gunting.
  2. Lem.

CARA MEMBUAT

  1. Baluti kardus bekas dengan karton.
  2. Tempelkan gambar hewan pada kardus yang sudah dibaluti karton.
  3. Lubangi bagian mulut hewan (kira-kira bisa dimasuki oleh makanannya).
  4. Potongi juga buah-buahan dan sayur-sayuran kemudian tempelkan pada kardus dan bentuk pola buah-buahan dan sayuran tersebut.

CARA MENGGUNAKAN

  1. Sebelum melakukan permainan, enalkan pada anak tentang hewan dan makanannya yang akan kita mainkan.
  2. Setelah anak mulai mengenal asahlah kemampuan anak dengan bermain permainan ini.
  3. Ajak anak untuk menutup matanya.
  4. Kemudia sembunyikan makanan hewan disuatu tempat yang mudah dijangkau anak.
  5. Setelah disembunyikan, anak suruh buka matanya dan mencari harta karun berupa buah dan sayran yang akan dimakan oleh hewan.
  6. Setelah anak menemukan satu persatu, arahkan anak untuk memasukkannya pada lubang mulut hewan sesuai dengan makanannya.
  7. Lakukan hingga anak menemukan harta karun tersebut dan memberikan makan pada hewan dengan benardan tepat.

KELEBIHAN

  1. Dengan permainan itu anak mampu mengembangkan semua aspek perkembangannya.
  2. Alat permainannya juga tidak tajam dan tidak berbahaya bagi anak.
  3. Mampu mengenal dan mengajarkan pada anak bahwa semua yang ada dibumi adalah ciptaan Allah dan termasuk mahluk hidup sehingga harus saling menyayangi dan melindungi.

KEKURANGAN

  1. Bahan yang digunakan tidak tahan lama ketika terkena air.

Tags: