Contoh Prosedur Pemilihan Media dan Sumber belajar

  • Whatsapp
Undangan Digital
Pada sub bab sebelumnya telah dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam memilih media. Pada intinya dalam memilih media itu pasti menggunakan model yang sudah, yakni model Flowchart, model matriks, ataupun model checklist. Dalam sub bab ini, maka akan disampaikan contoh dari setiap model tersebut. Dengan begitu, media yang ada di lembaga pendidikan memang benar-benar dipertimbangkan dengan betul dan cermat sebelum membeli dengan kesepakatan bersama.berikut adalah contoh dari setiap model, diantaranya yaitu :
  1. Model flowchart

Dalam model ini, pemilihannya menggunakan cara eliminasi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada bagan sampai terjadinya keputusan untuk membeli media atau tidak. Berikut bagan dari pemilihannya :

Dari bagan tersebut kita bisa melihat bagaimana memilih media. Dalam model flowchart, misalnya sekolahan meminta film, jika media film tersebut sekolahan sudah memiliki maka secara otomatis media film tidak akan beli lagi. Tetapi ada opsi untuk membeli media yang lainnya, jika tidak disetujui juga karena media sudah ada di sekolah, maka pembelian tidak jadi dilakukan. begitu terus sampai menemukan media yang benar-benar sekolah tidak memiliki tetapi membutuhkan. Kemudian, bila sudah menemukan media yang sekolah butuhkan maka pertanyaan selanjutnya adalah apakah ada dana untuk membelinya? jika tidak ada dana maka secara otomatis minta dibelikan media guna pembelajaran kepada pemimpin sekolah.

Tetapi jika sudah ada dana, langkah selanjutnya adalah meminta katalog media dari toko. Jika perlu setelah meminta katalog, bisa dilakukan review terlebih dahulu. Dari mereview media tersebut lahirlah sebuah evaluasi yang dapat diambil keputusan untuk membeli atau tidak.

Bacaan Lainnya

  • Model matriks
Baca Juga :  Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak

Selain model flowchart, untuk memilih media kita juga bisa menggunakan model matriks. Dalam model ini sistem yang digunakan ialah mencocokkan antar variable satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, maka tabel dibawah ini akan memudahkan anda untuk memahami model matriks ini.(Nurhafizah, 2018)

Kontrol Portable Untuk dirumah Siap setiap saat Terkendali Mandiri Umpan balik
Media
Televisi Tidak Ya Tidak Tidak Ya Tidak
Radio Ya Ya Tidak Tidak Ya Tidak
Film Ya Ya Ya Susah Susah Tidak
Video kaset Tidak Susah Ya Ya Ya Tidak
Slide Ya Ya Ya Ya Ya Tidakya 
Audio kaset Ya Ya Ya Ya Ya Tidak
Piringan hitam Tidak ? Ya Ya Susah Tidak
Buku Ya Ya Ya Ya Ya Tidak
Komputer Tidak Tidak Ya Ya Susah Ya
Permainan Ya Ya Ya Ya Tidak Ya
Pada tabel tersebut terdapat media dengan segala aspek kontrolnya. Aspek untuk control diantaranya adalah portable, untuk dirumah, siap setiap saat, terkendali, mandiri, umpan balik. Maksud dari portable disini adalah kepraktisan media tersebut, apakah mudah dibawa kemana-mana, apakah mudah dipasang, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara matriks ini?

Pos terkait