Prosedur Pembelajaran

  1. Penataan sarana dan prasarana ruangan disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
  2. Pengelompokan meja dan kursi disesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga mereka memiliki ruang gerak yang lebih leluasa. Susunan meja kursi dapat berubah-ubah; dan pada waktu mengikuti kegiatan, anak tidak selalu duduk di kursi, tetapi dapat juga duduk di lantai/karpet.
  3. Dinding dapat digunakan untuk menempelkan sarana yang dipergunakaan sebagai sumber belajar dari hasil kegiatan anak, tetapi jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu perhatian anak.
  4. Peletakan dan penyimpanan alat bermain diatur sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya sehingga dapat melatih anak untuk pembiasaan yang ingin dicapai seperti kemandirian, tanggung jawab, membuat keputusan, kebiasaan mengatur kembali peralatan dan sebagainya.
  5. Alat bermain untuk kegiatan pengaman diatur dalam ruangan, sehingga dapat berfungsi apabila diperlukan oleh peserta didik.

Prosedur Kegiatan

Pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  1. Sebelum Masuk Kelas

Setiap hari pada saat kedatangan, anak-anak disambut oleh guru dengan ramah dan penuh kasih sayang, mereka saling berjabatan tangan dengan guru-guru dan teman-temannya sambil mengucapkan salam, lalu menyimpan tas di tempat masing-masing yang telah disediakan.

Baca Juga :  Pembelajaran Matematika

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *