Pelaporan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini

Pelaporan merupakan upaya untuk menginformasikan atau mengkomunikasikan serta menjelaskan tentang hasil penilaian perkembangan anak selama mengikuti proses pembelajaran di satuan lembaga PAUD. Pelaporan penilaian PAUD dibuat secara tertulis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaporan penilaian pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:

  • Etika Pelaporan Pendidikan Anak Usia Dini

Pelaporan pendidikan anak usia dini dapat berupa informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan anak seperti pertumbuhan fisik anak, perkembangan kompentensi sikap anak, pengetahuan anak dan perkembangan keterampilan anak. Penyampaian laporan pendidikan anak usia dini dilakukan secara langsung atau bertatap muka karena agar ada hubungan dan informasi timbal balik antara pihak lembaga atau pihak sekolah dengan orang tua.

  • Jenis pelaporan pendidikan anak usia dini

Jenis pelaporan pendidikan anak usia dini dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:

  1. Pelaporan secara berkala, merupakan pelaporan yang dilakukan sesuai dengan jadwal kalender akademik suatu lembaga yang ditelah ditetapkan.
  2. Pelaporan secara insidental, merupakan pelaporan yang disampaikan jika ada suatu hal yang terkait dengan perkembangan pada anak yang dianggap sangat penting untuk segera dibicarakan bersama dengan orang tua. Pelaporan insidental ini bisa berupa secara lisan atau tulisan yang dicatat dalam buku penghubung.
  • Waktu Pelaporan Pendidikan Anak Usia Dini

Waktu pelaporan pendidikan anak usia dini dilakukan pada saat jangka waktu tertentu misalnya pelaporan yang dilakukan setiap hari melalui buku penghubung setiap masing-masing siswa, setiap 3 bulan sekali, dan ada juga yang 6 bulan sekali. Semua tergantung dari setiap masing-masing lembaga pendidikan anak usia dini.

  • Bentuk pelaporan semester

Bentuk pelaporan semester pada penilaian anak usia dini adalah dalam bentuk narasi. Pelaporan tersebut merupakan hasil rangkuman Perkembangan anak usia dini dari proses pembelajaran selama 1 semester. Dalam penyusunan pelaporan penilaian (deskripsi) ditulis dengan menggunakan kalimat yang efektif, mudah dipahami, tidak terlalu rumit dan objektif sehingga pelaporan tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua terhadap laporan perkembangan anak tersebut.

  • Tata cara penulisan pelaporan pendidikan anak usia dini
Baca Juga :  Pengertian Supervisi

Tata cara dalam penulisan pelaporan pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:

  1. Pelaporan pendidikan anak usia dini disusun dengan menggunakan bahasa yang jelas serta mudah dipahami, menggunakan bahasa yang santu serta kalimat yang positif.
  2. Pelaporan pendidikan anak usia dini disusun untuk memberikan informasi kepada orang tua tentang pencapaian dan perkembangan hasil belajar anak selama pembelajaran secara nyata dan tidak mengada-ada.
  3. Dalam isi pelaporan pendidikan anak usia dini menggambarkan mengenai kemajuan perkembangan anak yang dicapai di setiap indikator pada kompetensi dasar program pengembangan yang telah ditentukan
  4. Dalam pelapran pendidikan anak usia dini harus memberikan rekomendasi yang bisa dilakukan orang tua untuk mengembangkan kemampuan anak yang indikator perkembangannya masih belum berkembang.
  5. Dalam pelaporan pendidikan anak usia dini yaitu bersifat individual atau personal yang menggambarkan perilaku khusus anak selama didalam kelas dan saat pembelajaran.

Tags: