Tips Sehat Saat Membaca Buku

Setiap orang tidak akan asing dengan kegiatan membaca. Bahkan Sebagian dari mereka menjadikan kegiatan membaca sebagai aktifitas wajib maupun suatu hobi tersendiri. Melihat besarnya manfaat yang bisa didapatkan dari membaca buku. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya yaitu dapat meningkatkan kecerdasan kognitif seseorang, mengurangi stress, mendapatkan banyak kosa kata baru, meningkatkan konsentrasi, serta kita bisa memperoleh kemampuan berfikir yang kritis, analitis dan fleksibel.

Namun membaca buku tidak selalu berdampak positif, terlebih jika cara membaca buku kita salah dan selalu kita lakukan secara berulang-ulang. Kesehatan fisik dan psikologi yang akan bermasalah. Sebagai contoh sepasang mata yang memiliki peran penting dalam kegiatan membaca. Kita bisa nyaman membaca jika mata kita dalam keadaan prima dan berkoordinasi baik dengan otak. Selain mata juga terdapat anggota lainnya yang bisa terganggu jika posisi kita membaca salah. Namun masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa tips sehat membaca buku yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Duduklah pada posisi yang sempurna

Posisi sempurna yang dimaksudkan adalah posisi rileks, tidak terlalu tegak dan tidak terlalu membungkuk. Karena jika terlalu tegak bisa menjadikan leher dan sendi kita menjadi kaku dan kera, namun jika terlau membungkuk juga tidak baik.

  • Membaca satu buku sampai selesai

Jangan membiasakan membaca buku secara berganti-ganti tanpa menuntaskannya terlebih dahulu. Hal ini bisa menurunkan daya ingatan karena informsi diotak menjadi rumpang tindih.

  • Hindari membaca buku didalam kendaraan

Kebiasaan satu ini sering kali dilakukan kebanyakan orang, misal saat terpaksa untuk menuntaskan membaca saat sedang melakukan perjalanan atau tuntutan lainnya. Padahal apa yang akan terjadi? Biasanya kepala menjadi pusing dan mual.

  • Mengkonsumsi vitamin secara rutin

Seperti yang diketahui vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selai diperoleh dari mengkonsumsi dalam bentuk tablet, vitamin A bisa diperoleh dari pepaya, wortel, dan sayuran hijau.

  • Pastikan pencahayaan cukup terang dan berkediplah secara teratur
Baca Juga :  5 Tips di Rumah Aja yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Pencahayaan yang dibutuhkan saat membaca adalah pencahayaan yang cukup sebab jika terlalu gelap mata akan rusak dan jika terlalu terang mata akan cepat lelah. Selain itu mengedipkan mata secara teratur dapat mencegah kotoran bertahan dimata sehingga dapat melindungi mata dari iritasi.

  • Terapkan sistem baca 20 menit istirahat 20 detik

Batas fokus kita saat menbaca buku adalah 20 menit dan mengistirahatkan mata selama 20 detik. Kita bisa melakukannya dengan memalingkan pandangan ke objek lain dan setelah itu kegiatan membaca dapat kita lanjutkan kembali. Jangan paksa mata kita untuk terus membaca jika sudah merasa lelah, sebab hal ini akan berdampak pada penglihatan kida dalam jangka yang panjang.

  • Posisikan buku dengan benar

Jarak terdekat pandang kita terhadap buku adalah 30 cm sedangkan jarak terjauhnya tidak terbatas. Kita dapat membaca buku senyaman kita misal dengan meletakkannya diatas meja atau memegangnya. Namun perlu diingat, posisi yang harus dihindari adalah membaca buku ialah dengan berbaring atau sambil tiduran. Karena buku harus dibawah mata dengan sudut kemiringan antara 40-70 derajat dan kemiringan ini tidak bisa diperoleh dengan membaca buku dalam keadaan berbaring.                                    

Demikian beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan kualitas membaca yang baik dan  sehat agar membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan. Kebiasaan baik tersebut sangat perlu kita terapkan dan ajarkan karena kalau bukan dari kita siapa lagi? kalau bukan sekarang kapan lagi?.

Tags: