Sisi Baik Dan Buruk Belajar Online

Dunia IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) merupakan suatu pengaruh terbesar terhadap maju dan berkembangnya suatu bangsa yang harus dikuasai oleh masing – masing individu. Apalagi pada era milenial ini teknologi sangatlah membantu manusia dalam setiap gerak – geriknya. Kemjaun dibidang teknologi ini membuat kehidupan terasa semakin mudah dan praktis. Bisa dikatakan bahwa semua aktivitas manusia tidak jauh dari hal – hal yang berbau online seperti, online shop, meeting online, sampai belajar pun bisa diakses secara online.

Belajar adalah sebuah upaya untuk memperoleh ilmu, atau perubahan dalam bentuk prilaku (sikap) dan intelektual (kecerdasan) sebagai hasil dari pengalamannya sehingga menimbulkan perbedaan antara sebelum belajar dan sesudah belajar. Kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja asalkan ada niatan untuk melakukannya. Seiring dengan bergantinya zaman, kegiatan pembelajaran di Indonesia bisa dikatakan semakin maju dari tahun – tahun sebelumnya. Pasalnya kegiatan ini tidak lagi menggunakan buku dan pensil, karena sekarang sudah ada pengupgradean dari segi media, alat, dan bahan yang digunakan. Dulunya yang menggunakan buku yang bermacam-macam, pensil, dan alat tulis lainnya, sekarang kita hanya membutuhkan sebuah benda kecil yang sangat canggih yaitu smartphone. Dengan smartphone ini kita dapat mengakses segala hal dari berbagai sumber, asalkan ada kuota internet.

Penggunaan metode belajar seperti ini (belajar online) sangatlah banyak kelebihannya, terutama masalah waktu dan tempat, pembelajaran seperti inlah yang sangat fleksibel karena bisa menyesuaikan dimana pun anda berada. Enaknya belajar online itu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Bisa dilakukan di dalam kamar sambal rebahan, di ruang makan, atau di warung kopi sambil nongkrong dan cari wifi. Selain itu belajar online juga tidak memandang jarak, walaupun kita yang ada di rumah, bisa mengikuti pembelajaran yang ada di daerah yang jauh, baik dari sabang sampai merauke kita bisa ikut belajar, bahkan yang di luar negri pun bisa kita ikuti. Dalam belajar online media atau alat yang digunakan juga tidak ribet, hanya bermodalkan smartphone atau laptop dengan kuota internetnya. Kita tinggal mengakses pembelajaran dan menyimaknya, sambil bersantai hingga akhir pembelajaran. Jika kita ingin materinya bisa diulang – ulang, kita bisa save atau download materi tersebut agar dapat dipelajari kembali sampai faham. Dengan adanya pembelajaran yang praktis ini saya rasa sangat membantu siapapun dalam kegiatan belajar.

Baca Juga :  Model Pembelajaran Sosial

Tak lepas dari kelebihan pasti ada kekurangan, belajar online ini dapat menicu miss communicatioan antara pelajar dan pelajar atau guru dengan pelajar. Oleh karena itu kita harus benar-benar faham agar tidak terjadi hal tersebut. Terkadang kendala sinyal pun dapat menyebabkan miss communication, pasalnya tidak semua daerah yang ada di Indonesia ini fasilitasnya memadai, kasian daerah yang kurang fasilitas, mereka yang ingin tahu akan tertinggal jauh akibat kurangnya fasilitas. Selain itu, untuk murid yang memiliki motivasi rendah cenderung takut dan berpotensi gagal. Belajar seperti ini juga berpengaruh pada kesehatan mata, mata kita akan kelelahan apabila keseringan memandang smartphone atau laptop. Dari segi ekonomi, pembelajaran seperti ini memakan uang tidak sedikit untuk beli kuota internet, belum lagi kalau kita mendownload materi, pasti kuota internet akan cepat habis.

Kegiatan belajar tetap harus berjalan baik secara online maupun offline, yang terpenting niat dari kita sendiri dan kesungguhan dalam melakukannya agar bisa merubah diri menjadi semakin lebih baik dari yang sebelumnya. Oleh: Ahmad Jauharul Wadud

Tags: