Cara Membuat Soal Ujian Online Menggunakan WhatsApp

  • Whatsapp
Undangan Digital

Kali ini saya akan membuat panduan membuat Ujian Online Menggunakan WhatsApp Auto Response yang saat ini banyak diminati oleh para guru dan dosen dalam mengevaluasi siswanya atau mahasiswanya. Terlibih lagi saat ini kita berada dalam masa pandemi Covid-19 yang sebagian besar kampus ataupun sekolah menerapkan pembelajaran atau kuliah dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan dianggap mudah untuk dilakukan.

Itulah salah satu sebanya sehingga banyak pengembang aplikasi menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, salah satunya dengan adanya vasilitas WhatsApp auto respon yang bisa dimanfaatkan. Karena dapat menghemat kuota dan jaringan internet, ujian online menggunakan WhatsApp Auto Respon ini bisa menjangkau seluruh siswa atau mahasiswa, termasuk yang berada di pelosok sekalipun. Lebih disukainya lagi, kebanyakan orang sudah familiar dalam mengoperasikan WhatsApp.

Bacaan Lainnya

Hanya saja beberapa kelemahannya dalam menggunakan ujian online menggunakan WhatsApp Auto Respon ini karena belum dapat memberikan skor atau nilai secara automatis.

Pada hal kita ketahui bahwa telah banyak aplikasi Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran daring seperti MOODLE, Google Lassroom, Quislet, Quisis, Blackboard CourseSites, Schoology, Latitude Learning, Academy of Mine, A Tutor, Udemy, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya semua LMS sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai dalam melakukan proses pembelajaran. Mulai dari daftar hadir siswa / mahasiswa, perangkat materi pembelajaran, penugasan dan bahkan hingga evaluasi pembelajaran yang dapat dipilih berdasarkan jenis dan bentuk soal yang diberikan kepada peserta didik atau mahasiswa.

Dengan keadaan seperti itu, sebagian guru ataupun dosen lebih menyukai WhatsApp sebagai media pembelajaran ataupun ujian oline? Karena selain cara pengoperasiannya yang cukup mudah, WhatsApp juga bisa dimanfaatkan untuk mengadakan ujian online secara otomatis. di akhir ujian bisa ditunjukkan Skor atau Nilai Ujian yang dicapai.

Baca Juga :  Cara membuat TOPIK dan SUB TOPIK pada pembelajaran online dengan menggunakan google classroom

YANG DIBUTUHKAN DALAM MEMBUAT UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN WHATSAPP

1. Google Sheet Pengaturan soal dilakukan dengan menggunakan Google Sheet, dan inipun dianggap cukup mudah karena sama saja dengan Excel, hanya saja bedanya kalua excel bisa dioperasikan secara offline sementara google Sheet harus dengan menggunakan internet

Pos terkait