Olahraga Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Arti olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang tidak hanya jasmani tetapi juga rohani, dan bertujuan untuk mencapai prestasi yang di impikan. Olahraga juga mempunyai banyak manfaat. Ketika kita sering melakukan olahraga tubuh akan terasa lebih segar dan lebih sehat apabila seseorang sering melakukannya.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum berolahraga, apakah jantung kita mampu untuk berolahraga dalam waktu lama atau tidak. Karena, kondisi setiap orang itu berbeda-beda ada yang jantungnya kurang kuat ada juga yang kuat karena sudah terlatih dalam hal berolahraga.

Olahraga merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Ada beberapa macam olahraga, seperti renang, lari, push up, shit up, dan masih banyak lagi. Selain menyenangkan, olahraga tentu saja merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tubuh akan terlihat lebih segar dan sehat. Olahraga juga bisa membuat suasana hati menjadi senang, karena olahraga dapat melepaskan segala beban pikiran yang dirasakan oleh seseorang.

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme di dalam tubuh berguna untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kognitif, seperti penurunan sistem kerja otak dan juga kepikunan. Olahraga juga sangat disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Apabila penderita tekanan darah tinggi melakukan olahraga yang teratur, hal tersebut akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.

Kesehatan jantung juga akan terjaga apabila seseorang sering melakukan olahraga, namun perhatikan terlebih dahulu apakah jantung kalian kuat untuk diajak melakukan olahraga atau tidak, misalkan seseorang yang memiliki penyakit jantung kemungkinan tidak akan kuat melaksanakan aktivitas lari, renang atau aktivitas olahraga lainnya. Bahkan kasus seperti ini banyak terjadi, seseorang melakukan aktivitas olahraga tanpa melihat terlebih dahulu kekuatan dari jantungnya. Sehingga bukan malah mendapatkan tubuh yang sehat,  justru akan menambah buruk keadaan jantungnya.,

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh HIV dan AIDS

Terkadang ada orang yang sedang berolah raga tiba-tiba pingsan, dan harus dilarikan ke rumah sakit.  Hal itu karena sebelumnya pasti dia memiliki riwayat penyakit jantung. Dia akan terkena serangan jantung mendadak apabila tubuhnya tidak kuat untuk melakukan aktivitas yang sedikit menguras tenaga. Sehingga ia akan jatuh pingsan. Apabila tubuh normal, berolahraga tentu saja akan memiliki banyak sekali manfaat.

Bahkan olahraga juga harus dikerjakan oleh setiap orang minimal satu kali dalam seminggu. Hal tersebut akan membuat tubuh kita sehat dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Karena olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering olahraga tubuhnya akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, pastikan terlebih dahulu kondisi sebelum melaksanakan aktivitas menyehatkan ini.

Apabila tubuh tidak dalam keadaan yang kuat untuk melakukan olahraga, bukan malah mendapatkan kesehatan, tetapi hanya akan menambahkan penyakit pada tubuh. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Mulai dari akan membuat mood seseorang menjadi baik, menghindarkan dari berbagai penyakit, meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki banyak manfaat tak jarang kita jumpai orang yang berolahraga malah berakhir di ranjang rumah sakit.  Hal itu karena mereka tidak memahami kondisi tubuhnya sendiri. Orang yang memiliki penyakit jantung misalnya, mereka tidak akan kuat melakukan hal-hal tertentu yang memacu kerja dari jantungnya. Maka dari itu, sebelum olahraga pastikan kondisi kalian normal dan mampu untuk berolahraga yang menguras tenaga. By Nadila Zein

Tags: