Jamu untuk menangkal penyakit

Tidak asing lagi nama jamu terengar ditelinga kita, apalagi masyarakat Indonesia. Jamu adalah obat alami yang berasal dari rempah-rempah asli Indonesia. Dibuat dari bahan-bahan alami seperti rimpang atau akar, daun, kulit batang, dan juga buahnya. Jamu memiliki rasa yang pahit, namun rasa ini bisa di manipulasi dengan mencampurkan madu di dalamnya.

Pada era sekarang nama jamu lebih populer dengan herba atau herbal. Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam apotik hidup. Beberapa jenis tumbuhan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonnsumsi jamu adalah upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Manfaat mengkonsumsi jamu diantaranya:

  • Membantu mempertahankan imunitas di dalam tubuh.

Tubuh manusia memiliki daya tahannya masing-masing. Untuk menjaga daya tahan tubuh (imunitas) adalah dengan mengkonsumsi jamu secara rutin. Campuran dari kunyit, temulawak dan jahe yang di rebus memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak dapat melindungi organ hati, sedangkan jahe dapat memperlancar peredaran darah yang terhambat dan menghangatkan sushu tubuh, lalu kunyit sendiri merupakan antibiotic yang melindungi sistem pencernaan.

  • Pereda nyeri

Seringkali wanita saat mengalami haid bulanan, merasakan nyeri. Hal ini dapat diredakan dengan ramuan kunyit asam. Kunyit mengandung zat alami curcumin yang bersifat anti inflamasi alami. Selain itu kunyit juga dapat menyembuhkan osteoarthritis, radang gusi dan iritasi.

  • Obat hipertensi

Salah satu jamu untuk hipertensi adalah bawang putih. Bawang yang mengandung senyawa sulfur yang mempunyai efek positif di tingkat kolestrol, selain itu bawang putih juga dapat mencaga tekanan darah agar selalu normal. Selain itu kayu manis juga dapat mencegah terjadinya hipertensi.

  • Penambah nafsu makan

Ini sering tejadi pada anak yang sedang pada masa perrtumbuhan. Nafsu makan mereka biasanya terganggu. Memberi ramuan temulawak atau curcuma dapat meningkatkan nafsu makan. Temulawak sangat dipercaya dalam mengatasi masalah kandung empedu, hati, bengah dan masalah pencernaan. Ada juga brotowali dan juga kunyit yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga pencernaa.

  • Kesehatan dan kecantikan
Baca Juga :  Sistem Manajemen Pendidikan Islam

Jamu biasanya memiliki bahan yang mengandung vitamin c di dalamnnya, sehingga dapat membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain itu dapat menghilangkan jerawat diwajah dan menghilangkan bau pada tubuh.

  • Membuat tubuh menjadi bugar

Beras kencur adalah jamu yang dapat menjadikan tubuh terasa lebuih bugar. Terbuat dari beras dan kencur lalu ada tambahan seperti biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulaga, asam, kunyit, gula merah, jeruk nipis, garam dan kayu keningar.

  • Membersihkan racun dalam tubuh

Minum jamu dapat membantu mendetoks tubuh dan menghilangkan racun didalamnya. Jamu memiliki berbagai macam manfaat. Mengkonsumsinya secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat baik pada tubuh, namun jangan mengkonsumsi secara berlebihan. Agar jamu aman saat di konsumsi lebih baik tidak mencari jamu yang mengandung zat kimia tambahan. Baiknya kita meracik jamu sendiri agar kita tau kandungan yang terdapat didalamnya. Jika ingin mengkonsumsi jamu sebagai obat penyakit tertentu, harus di konsultasikan dengan dokter agar aman. Oleh : Riris Eka Nurmasari

Tags: