5 Tips di Rumah Aja yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Di tengah kondisi dunia saat ini yang mengharuskan  untuk tetap tinggal di rumah saja dalam jangka waktu yang lama, tentu akan menimbulkan rasa bosan, ditambah lagi dengan banyaknya tugas yang diberikan semakin membuat pikiran stress.

Namun, hal tersebut dapat diakali dengan melakukan beberapa kegiatan produktif sebagai berikut:

  • Berolahraga

Selain untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa bosan, olahraga juga dapat membuat badan menjadi sehat dan bugar. Apalagi ditengah kondisi pandemi virus covid 19 yang kian memburuk. Tubuh memerlukan daya tahan yang kuat. Kegiatan olahraga yang dapat dilakukan di rumah adalah seperti naik turun tangga, sit up, push up, atau senam. Jika masih merasa bosan maka bisa bersepeda atau berlari disekitar rumah saja. Kegiatan olahraga ini dapat dilakukan baik di pagi maupun sore hari.

  • Membuat Olahan Makanan

Salah satu contoh olahan yang sedang ramai diminati saat ini adalah dalgona kopi. Selain cara pembuatannya yang cukup mudah, bahan yang diperlukan pun tidak sulit untuk ditemukan disekitar rumah. Hal ini juga dapat membantu kita untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa bosan. Selain itu kita dapat mempelajari berbagai resep setiap harinya serta dapat berinovasi dengan resep sendiri dan yang pasti akan menyenangkan perut kita.

  • Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan membuat kerajinan tangan tidak hanya dilakukan oleh anak – anak yang masih duduk di sekolah dasar, untuk anak remaja dan orang dewasa pun bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik. Misalnya dengan membuat berbagai hiasan rumah yang tentu dengan bahan yang mudah ditemukan kemudian jika hasilnya dirasa memuaskan dapat dijual. Jadi selain mendapat manfaat menghilangkan stres, juga dapat menjadi sumber pemasukan baru.

  • Berbenah Rumah
Baca Juga :  Cara membuat TOPIK dan SUB TOPIK pada pembelajaran online dengan menggunakan google classroom

Selama bekerja dan bersekolah diluar kita tentu hanya mendapat sedikit waktu dirumah selain liburan untuk berbenah rumah. Selain dapat menghilangkan bosan dirumah, rumah juga akan terlihat lebih enak dipandang dan bersih serta terhindar dari berbagai sumber penyakit. Kita juga dapat mengeluarkan barang – barang yang sekiranya sudah tidak terpakai namun masih layak untuk disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan. Manfaatnya pun akan bertambah banyak.

  • Hiburan

Menonton televisi, menonton film, menonton youtube, membuka sosial media, dan bermain game sambil rebahan adalah kegiatan yang paling diminati ketika berada di dalam rumah. Hal ini memang sangat membantu dalam menghilangkan rasa bosan dan stress. Namun, ini dapat dijadikan pilihan terakhir ketika kita benar – benar sudah tidak mempunyai tanggungan tugas dan benar – benar ingin bermalas – malasan. 

Di atas adalah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk kita semua agar tidak bosan dan tetap berada dirumah selama pandemi virus covid 19 ini masih belum membaik agar kita semua terhindar dari bahaya tersebut. Khamidah Budianto

Tags: