Mengenal Sosok Adolf Hitler

Ketika mendengar sosok Adolf hitler pertama yang terlintas adalah, hitler sosok paling berperan dalam mengobarkan perang dunia kedua sebagai peristiwa paling fenomenal abad modern. Adolf hitler seorang politisi dan ketua partai nasionalis buruh jerman atau nazi asal jerman sejak tahun 1921. Hitler mulai dikenal oleh banyak masyarakat ketika ia bebas dari penjara pada tahun 1924, Hitler mendapat dukungan dari rakyat untuk mengecam perjanjian Versailles yang mana perjanjian Versailles adalah perjanjian damai perang dunia pertama antara sekutu dan kekaisaran jerman dan menunjang pan jermanisme, antisemitisme dan anti komunisme melalui pidatonya yang karismatik dan propaganda nazi.

Salah satu kebijakan hitler yang supermasis yang membuat hitler dikenal dengan gaya kepemimpinanya yang diktator dan kejam yaitu pada saat tragedi holocaust pada perang dunia kedua yaitu pembunuhan dan pemusnahan masal kepada enam juta kaum yahudi dan lima juta etnis non arya secara sistematis yang diperintahkan oleh hitler dan rekan terdekatnya dan berakhir dengan tewasnya lima puluh juta orang yang menimbulkan trauma sejarah sampai saat ini.

Namun terlepas dari sisi negatif kepemimpinan sosok adolf hitler tidak dapat dipungkiri banyak sekali cara yang dilakukan hitler dalam membangun kegemilangan negara jerman kala itu. Bahkan sampai saat ini pun belum ada pemimpin jerman yang bisa menandingi adolf hitler. Selain dikenal sebagai politisi dan ketua partai nazi sebelumnya hitler adalah seorang seniman pelukis yang handal meskipun tidak banyak orang tahu. Sebagai seorang seniman tentunya hitler memiliki cita rasa seni yang tinggi dalam membangun suatu peradaban. Salah satu peran hitler dalam membangun peradaban yang mencerminkan dia sebagai seorang seniman adalah seragam tentara yang fashionable. Hitler berkerjasama dengan hugo boss yang dimana hitler juga ikut andil dalam perancangan desain seragam tentara. Jaket necis berwarna hitam pekat dengan kerah yang kaku dan logo runic SS, dipadukan dengan topi opsir dan sejumlah lencana dada, serta armband di lengan dengan warna merah menyala dilengkapi lambang swastika di tengahnya memberikan kesan gagah sekaligus menakutkan bagi pasukan militer Schutzstaffel. Dalam pemilihan warna pun hitler sangat visioner ia menggunakan warna orisinal yang disebut feldgrau yang memadukan warna hijau dan abu-abu, kerah tinggi kaku berwarna hitam terlihat kontras dan menjadi poin yang menarik untuk seragam ini. Selain itu dengan sabuk kulit besar dan sepatu boot membuat tentara Nazi selalu terlihat gagah. Peradaban yang dirintis oleh hitler ini yang akhirnya membuat jerman menjadi negara yang memiliki seragam tentara terbaik di seluruh dunia sampai saat ini.

Baca Juga :  Belajar di Rumah Itu Menyenangkan

Salah satu bukti lagi bahwa hitler adalah seorang pemimpin dengan jiwa cita rasa seni yang tinggi adalah di tahun 1930, masyarakat menengah jerman tidak mampu membeli mobil karena harganya yang tidak terjangkau dan hanya orang kaya saja yang mampu membelinya. Mengetahui hal ini hitler sangat berambisi dan kemudian mendirikan perusahaan mobil mililk negara yang terkenal dengan Volkswagen yang berarti mobil rakyat dengan harga yang lebih terjangkau. Volkswagen tipe 1 ini berbentuk sedan yang spesifikasnya ditentukan oleh hitler sendiri mulai dari bentuk mobil yang muat empat orang dan melaju dengan kecepatan sebesar 100 km/jam.

Selain sebagai seniman yang memiliki cita rasa tinggi dalam membangun peradaban hitler juga seorang pemimpin yang visioner dalam melakukan pembangunan infrastruktur negara. Hitler sangat antusias untuk membangun jalan bebas hambatan untuk menghubungkan antar wilayah di jerman. Jerman adalah negara pertama yang menggunakan sistem jalan raya bebas hambatan untuk menghubungkan seluruh negeri. Pada masanya, pembangunan ini memakai teknik tercanggih yang pernah ada. Kemudian hari teknik ini ditiru oleh beberapa negara, termasuk Amerika dan Inggris. Proyek besar ini mampu menyerap 100.000 lapangan kerja baru yang sangat membantu pemulihan ekonomi Jerman pasca porak-poranda akibat perang dunia pertama. Tidak hanya membentang ke seluruh Jerman, ternyata jalan raya bebas hambatan dibuat menembus sampai Austria.

Selain itu jika kita melihat foto hitler ia memiliki bentuk tubuh yang atletis dan gagah karenaya hitler sangat menjaga tubuhnya dengan vegetarian, hitler juga dikenal sebagai orang yang bukan perokok dan anti rokok, hitler juga tidak mau jika ia berada dalam satu ruangan dengan perokok. Oleh karenanya hitler menerapkan kebijakan gerakan anti rokok dengan biaya termahal dan paling berhasil, dengan tangan dinginnya hitler mampu menekan jumlah perokok dengan cepat. Dengan cara melarang perokok untuk tidak merokok di tempat umum, angkutan umum, pajak rokok pun dibuat sangat tinggi serta jumlah rokok untuk tentara juga dibatasi. Sebuah data statistik menyatakan, konsumsi rokok per tahun per kapita di Jerman pada tahun 1940 hanya menyentuh angka 749, jauh di bawah Amerika yang menembus angka tiga ribu. By Fithrotuzzahro

Tags: