Khasiat Mengkonsumsi Rempah-Rempah Pada Tubuh Manusia

Rempah-rempah merupakan hasil kekayaan alam yang ada dan banyak dijumpai di indonesia. rempah-rempah adalah bahan penyedap makanan atau masakan yang dapat disimpan dan tahan lama, dan juga bersifat kering. Rempah-rempah tidak hanya dikonsumsi sebagai bumbu masakan saja. Tetapi rempah-rempah mengandung khasiat bagi tubuh manusia yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap beragam penyakit.

Rempah-rempah merupakan hasil kekayaan alam yang ada dan banyak dijumpai di indonesia. rempah-rempah adalah bahan penyedap makanan atau masakan yang dapat disimpan dan tahan lama, dan juga bersifat kering. Rempah-rempah tidak hanya dikonsumsi sebagai bumbu masakan saja. Tetapi rempah-rempah mengandung khasiat bagi tubuh manusia yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap beragam penyakit.

Munculnya penyakit di dalam tubuh dapat menurun, cara mengatasinya dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Manfaat rempah-rempah dapat mengurangi kerusakan sel-sel pada tubuh dan melawan peredangan. Rempah-rempah juga dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. tidak perlu membeli atau mengkonsumsi imun atau vitamin, cukup dengan mengkonsumsi rempah-rempah.

Berbagai jenis rempah-rempah ddengan khasiat yang berbeda-beda diantaranya:

  • Jahe

Rempah ini sering ditemukan dalam minuman, masakan, dan jamu tradisional. Pada umumnya manfaat jahe untuk menghangatkan tubuh dan dapat meredakan mual. Ada juga manfaat lain, dapat meredahkan nyeri terkait menstruasi, meredahkan flu, meredahkan nyeri rematik, sakit kepala, migren, peradangan, dan kemoterapi.

  • Bawang putih

Bahan masak yang menjadi bahan wajib bumbu memberikan manfaat luar biasa. Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan didalam bawang putih dapat membuat pembulu darah melebar dan lebih rileks, dan aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan dalam pembuluh darah menurun.

Manfaat bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi dan antibakteri. Bawang putih juga dapat memperkuat imunitas tubuh, mengurangi kolestrol, menekan pertumbuhan sel kanker, mencegah penyakit jantung dan obesitas.

  • Bawang merah

Bawang merah pada umumnya sebagai bumbu wajib pada masakan seperti halnya bawang putih sama saling melengkapi satu sama lain. Selain itu, bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Ia juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

  • Kunyit

Kunyit memang cukup sering digunakan untuk bumbu masakan nusantara. kunyit engandung senyawa yang disebut kurkumin, yang memiliki efek antioksidan dan antiradang yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kunyit dapat menyembuhkan pilek, mengobati bekas luka, meringankan gejala arthritis, mengurangi kolesterol, mencegah pikun dan kanker, memelihara fungsi hati dan otak, serta mengatasi infeksi.

  • Kayu manis

Kayu manis mengandung antioksida yang tinggi yang dapat dirasakan oleh tubuh. Kayu manis mengandung zat yang mampu melawan berbagai jenis infeksi bakteri dan jamur. Dan juga dapat mengurangi gejala peredangan seperti pembengkakan pada tenggorokan. Kayu manis memiliki fungsi antibakteri. Manfaat kayu manis dapat membatu mengontrol kadar gula, kolestrol, tekanan darah, dapat melindungi kulit dari sinar UV, mengurangi penuaan, serta memperbaiki fungsi otak.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk menetralisir bau amis. Terkadang juga dijadikan campuran minuman agar terasa lebih segar. jeruk nipis memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Karena jeruk nipis aman untuk digunakan sebagai pengobatan luar maupun dalam. Dari kesehatan tubuh sampai masalah kesehatan wajah. Manfaat jeruk nipis dapat mengatasi masalah pencernaan, mempercantik wajah, mengatasi maag, membantu program diet, mencegah kanker, mengatasi masalah tenggorokan, mencegah kolestrol, membantu merawat jantung, mengatasi rasa mulas pada perut, menghilangkan rasa mual, membantu menyehatkan pencernaan, mencegah sindrom iritasi usus, mengusir gigitan nyamuk, menyembuhkan flu, dan meringankan penyakit brokitis.

  • Temulawak

Temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli indonesia. temulawak merupakan tanaman berbentuk akar dan rimpang yang digunakan untuk membuat obat atau sebagai tanaman herbal. Temulawak memiliki segudang manfaat. Manfaat temulawat bagi kesehatan dapat menurunkan kolestrol, menyehatkan saluran pencernaan, mencegah obesitas dan diabetes, menyhatkan hati, dan mencegah kanker.

  • Cengkeh

Cengkeh dapat melawaan bakteri memiliki efek antimikroba sehingga mampu menghentikan pertumbuhan mikroganisme. Cengkeh juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut. Dan juga berkhasiat menyembuhkan alergi terhadap udara dingin. Manfaat cengkeh dapat mengobati lambung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membunuh bakteri, menjaga keshatan sistem pencernaan, mengatasi sakit gigi, menguatkan tulang, meredahkan nyeri, dan mencegah rambut rontok.

  • Kencur

Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat. Temulawak mengandung minyak astiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Kencur merupakan tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan jamu. Kencur masih memiliki kerabat dengan jahe, kunyit, kunci dan sebagainya. Manfaat kencur untuk membantu meringankan sakit kepala, influenza, keselo dan beberapa penyakir ringan lainya. Khasiat kencur juga telah dikenal sejak jaman dahulu untuk membantu melangsingkan tubuh, meringankan serangan penyakit migrain, mengobati asthma, mengobati penyakit rematik, mengobati tetanus, batuk serta mampu menghilangkan jerawat.

  • Ketumbar

Ketumbar cukup populer dan biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan di Indonesia. Bentuk ketumbar ini mirip seperti lada. Selain sebagai bahan bumbu masakan, ketumbar juga mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat. Salah satu kandungan yang ada dalam ketumbar adalah vitamin K. Kandungan vitamin K yang dimiliki ketumbar berpotensi dalam membangun massa tulang. Mengonsumsi vitamin K secara seimbang akan memberi dukungan pada kesehatan tulang dalam tubuh. Pada bijinya, ketumbar mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A karoten dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami. Daun ketumbar tercatat menyimpan vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Ketiganya berguna untuk mendukung kesehatan rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar juga menjadi sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium. Manfaat ketumbar dapat meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung, masuk angin, dan tekanan darah tinggi.

Rempah-rempah bukan hanya untuk bahan masakan saja. Tetapi banyak juga khasiat pada tubuh manusia. Rempah-rempah menjadi salah satu produk alami yang sangat efektif untuk mengenai masalah kesehatan. Gunakan rempah-rempah untuk membantu pengobatan guna mengatasi kesehatan tubuh dan mencegah dari penyakit. By Khoirotun Nisa’

Tags: