Kebudayaan Indonesia

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beberapa pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, dimana 7000 pulau yang dipenghuni oleh masyarakat Indonesia seperti, kalimatan, Sulawesi, papua, sumatera, dan jawa merupakan pulau yang utama. Indonesia juga memiliki pulau kecil seperti pulau bali, karimunjawa, Lombok, dan gili. dan kalimatan adalah pulau yang dihuni oleh banyak orang.

Indonesia juga memiliki berbagai rumpun suku, ras, budaya yang berbeda – beda sekitar 300 suku bangsa ada di Indonesia. Oleh karena itu Indonesia memiliki berbagai macam adat istiadat, kebudayan, ciri khas daerah yang berbeda-beda yang menjadikan Indonesia dapat dikenal di macan Negara. Budaya adalah warisan budaya leluhur yang tidak ternilai harganya. Keanekaragaman budaya di Indonesia sangatlah beragama seperti tari, lagu daerah, makanan daerah, baju adat, maupun kebudayaan lainnya.

Beberapa daerah di Indonesia masih memegang erat adat istiadat dan nilai budaya setempat seperti pulau bali. Di bali masyarakat masih memegah teguh  nilai-nilai adat meskipun Negara itu menjadi pusat pariwisata dan tidak diepnagruuhi oleh Negara barat. Hal ini dibuktikan bahwa  pakaian yang digunakan oleh orang bali adalah pakain khas bali. Hampir setiap daerah memiliki keunikan tersendiri. Seperti upacara ngaben untuk pembakaran mayat yang masih dilakukan di bali. Sama halnya di yogyakarta yang masih mengadakan upacara adat keraton yogya. Meskipun indonesai tidak lagi menggunakan sistem kerajaan namun warga yogya masih melestarikan adat zaman dahulu.

Selanjutnya rumah adat,  Indonesia memiliki rumah adat di setiap daerah. Meskipun sudah jarang masih ada rumah adat yang dipertahankan oleh sebagaian masyarakat. Seperti rumah gadang di padang dan rumah balon di sumatera utara masih di tinggali dan ada juga yang dijadikan tempat wisata untuk sebagai hiburan juga sebagai pendidikan untuk mengetahui rumah adat di Indonesia.

Selain rumah adat, Indonesia juga memiliki berbagai tarian adat. Tarian tersebut masih digunakan saat ini  selain sebagai pertujunkan tarian tersebut memilki fungsi tertentu. Seperti tari sembah di lampung yang masih digunakan daalam acara pemujaan selamat datang bagi penghunjung dari luar negeri atau pejabat. Kemudian tarian pendet yang berasal dari bali yang digunakan untuk persembahan dalam bentuk tarian upacara dan banyak diperagakan di pura.

Baca Juga :  Kenakalan Remaja

Lagu daerah, tari daerah., baju adat yang ada di Indonesia pun beragama. Karena semua yang itu bersifat kedaerah yang menceritakan kehidupan masyarakat seatempat dan biasaynya menjadi ciri khas suatu daerah. Seperti lagu daerah yang biasanya mengandung bahasa daerah setempat sehingga sulit untuk dipahami maknanya. Namun, dengan itu Indonesia dapat dikenal oleh Negara luar melalui lagu daerah.

Reog adalah kebudayaan lokal yang ada di Indonesia. Reog berasal dari ponorogo, jawa timur. Reog adalah salah satu kebudayaan masih mengandung hal-hal mistik dan ilmu kebatinana yang sangat kuat. Dalam pertunjukan reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa yang bisa disebut dengan singa barong yang menjadi symbol untuk ketabumi. Hingga kini masyarakat ponoroga masih melestarikan kesenian reog secara turun-temurun dan juga digunakan dalam upacara.

Salah satu keraagaman budaya Indonesia yang sudah diakui internasional adalah batik. Pada tahun 2009 UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Batik adalah salah satu kebudayan yang harus dilestarikan karena keunikan dan motif corak yang dihasilkan di batik belum ada Negara lain yang memiliki rancangan motif batik seperti Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas motif batik yang berbeda-beda yang melambangkan falsafah kehidupan masyarakat setempat. Seperti batik Yogyakarta dan suarakarta yang diepngaruhi kehidupan keraton, batik Cirebon, indramayu, sleman, Madura  dipengaruhi oleh kebudayaan pedagangan dari bali. Dunia internasional sudah mengakui bahwa batik adalah kebudayaan asli yang dimiliki Indonesia.

Indonesia memiliki  budaya yang sangat beragama yang harus kita lestarikan dan kita pelajari. Salah satunya adalah tidak malu untuk memepelajari dan memperkenalkan kebudayaan ini kepada anak kaum muda agar dapat diteruskan. Dan memeperkenalkan kepada masyarakat luas khusunya luar negeri agar Indonesia tidak dikenal dengan Negara berkembang namun juga akan menjadi Negara maju dengan kebudayaan yang dimiliki. Karena saat ini keragaman budaya ada yang diklaim oleh Negara lain untuk dijadiakan aset pariwisata yang mengutungkan seperti tari pendet, reog ponorogo, masakan padang Padahal jika kebudayaan yang ada di Indonesia ini dikembangkan akan menambah pereokonomian daerah setempat.

Tags: