Problematika Pendidikan Dalam Keterbatasan Sarana Prasarana Di Sekolah

Permasalahan yang sering terjadi sekarang di indonesia adalah banyaknya sekolah yang sarana dan prasarananya kurang memadai dan banyak yang memprihatinkan apalagi yang berada dalam daerah pendalaman atau daerah yang terpencil, seperti halnya fasilitas yang kurang atau tidak memadai yaitu kelas yang bocor, alat praktek yang kurang, bangku dan meja yang rusak dan lainnya.

Demikian juga terhadap kurangnya tenaga pengajar yang kurang prefesional, apabila sarana dan prasarana kurang memadai maka mengakibatkan masalah minimnya pendidikan disebabkan oleh kurangnya fasilitas sekolah dan pembelajaran yang tidak memadai waktu itu. Dengan ini, problematika tersebut dapat menimbulkan kesenjangan dalam mutu pendidikan di indonesia. Faktanya di daerah terpencil kurang bisa jadi tidak memadai dalam sarana dan prasarana pendidikan termasuk dalam sumber daya manusia nya sendiri sehingga dapat membawa dampak perkembangan pendidikan.

Sehingga mengakibatkan banyak siswa mendapatkan dampak atau kerugian dari problematika tersebut, dan siswa menjadi korban dari kurangnya perhatian pemerintah untuk masa depan negara kita sendiri. Padahal siswa yang berada dalam daerah terpencil memiliki semangat yang tinggi dalam belajar meskipun fasilitasnya kurang memadai. Hal ini membuktikan bahwa kurang memperhatikan sekolah yang berada didaerah terpencil atau pendalaman. Dengan kurangnya sarana dan prasarana siswa tidak bisa menggunakan fasilitas seutuhnya yang telah di janjikan oleh pemerintah dan juga tidak bisa mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa tersebut.

Dampak yang ditimbulkan bagi siswa adalah rendahnya mutu output pendidikan, dengan adanya dampak tersebut siswa hanya mendapatkan pengetahuan atau wawasan dari buku saja dan siswa tidak bisa mempraktekannya menggunakan sarana pendidikan secara langsung serta menimbulkan siswa sulit untuk memahami pelajarannya hanya dapat mengandalkan teori tanpa adanya usaha yang nyata dalam pembelajaran. Dengan peningkatan mutu pengajaran guru tentunya dapat berdampak pada membaiknya mutu output pendidikan. Guru yang prefesional dapat memberikan pengajaran yang berkualitas untuk muridnya dan pengajarannya akan lebih luwes.

Faktor penyebab dari problematika tersebut adalah alokasi dana yang yang terhambat karena banyaknya kasus yang menyalahgunakan dana sekolah yang seharusnya digunakan untuk sekolah dalam sarana dan prasarana tetapi digunakan untuk kepentingan lain, sehingga siswa lagi yang harus menanggung resiko semuanya. Adapun faktor peyebab lainnya yaitu perawatan yang kurang atau buruk terjadi karena pihak sekolah tidak memperhatikan bagaimana merawat sarana prasarana yang telah diberikan pemerintah, akibatnya siswa tidak nyaman dalam memakai atau menggunakan fasilitas tersebut dalam pembelajaran.

Baca Juga :  Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Dengan ini, dalam meningkatkan pembelajaran yang dapat melakukan pengajaran dengan baik sehingga mutu dalam siswa lebih berkualitas dan harus memiliki kejujuran dan rencana yang pas terhadap manajemen keuangan pendidikan di sekolah supaya pendidikan saat ini bisa teroptimalkan dengan baik dan dapat meningkatkan fasilitas serta bakat minat yang dimiliki siswa menjadi lebih baik dan lebih dikembangkan lagi. Pemerintah juga harus meningkatkan lagi fasilitasnya yang ada di sekolah agar siswa dapat belajar dengan nyaman terhadap fasilitas yang memadai tersebut. Jika fasilitas terpenuhi maka dapat memudahkan siswa dalam modifikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan itu pemerintah harus melakukan bantuan kepada daerah yang tepencil supaya pendidikannya bisa berkembang dan juga dapat mencapai tujuan pendidikannya, padahal jika pendidikannya disusun secara sistematis dan memiliki rencana yang baik dan bagus maka akan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Serta kurangnya peruntukan dana yang terhambat  dalam banyak hal penyalahgunaan dana sekolah dan adanya irang yang tidak bertanggung jawab dalam hal pendanaan keuangan sehingga dapat menghambat proses pendidikan dalam belajar. Pemerintah yang kurang tegas dalam menangani orang yang menyalahgunakan dana serta tidak bertanggung jawab terhadap amanahnya.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan saat ini supaya permasalahan tersebut dapat diperbaiki atau dapat diselesaikan, dengan cara mengorganisir koordinasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, apalagi sampai daerah yang terpencil sehingga tidak terputusnya komunikasi. Dan pada problematika ini cara pendidikan di Indonesia yang dilakukan adalah dengan pendidikan pembelajaran yang harus berjalan dengan efektif.

Tags: