Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Sejak Dini

 Mempunyai anak yang cerdas dan berakhlaq yang baik adalah keinginan semua orang tua di dunia ini, itu semua tidak luput dari bagaimana cara orang tua mendidik anak tersebut. Peran keluarga dalam masalah ini adalah untuk memberikan perhatian yang cukup agar anak bisa merasa nyaman jika orang tua mau mengarahkan atau mendidik kepada perbuatan yang benar.

Awal mula kepribadian anak sebenarnya terbentuk dari bagaimana kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya di rumah, anak di saat dia masih kecil dia belum tahu berperilaku yang baik itu bagaimana, dengan demikian anak beranggapan bahawa perilaku yang dicontohkan oleh orang tuanya sehari-hari itu menurutnya patut untuk ditiru, kebiasan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya ketika berada  dirumah sangat mempengaruhi proses perkembangan anak tersebut. jadi orang tua sepatutnya harus berhati-hati dalam mendidik anak, karana kesalahan dalam mendidik itu akan berdampak fatal bagi perkembangan anak.

Masa kanak-kanak merupakan masa yang penting dan patut diperhatikan untuk para orang tua khusunya ibu dalam mendidik perkembangan perilaku anak. Karna pada masa tersebut anak akan berproses dan berkembang susuai apa yang telah ia peroleh dalam pendidikan yang di berikan oleh orang tua nya. Pada masa ini juga anak melakukan perkembangan yang cenderung signifikan, anak cenderung sangat aktif dan rasa keingintahuan sangat besar terhadap apa yang telah terjadi di lingkungan sekitarnya, jadi tidak perlu merasa kaget jika anak tiba – tiba menirukan kata-kata apa yang sering diucapkan oleh orang tuanya  karena pada masa-masa ini anak mudah meniru apa yang di lakukan oleh orang tua nya dan apa yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Pada masa ini seharusnya orang tua menanggapinya dengan sangat serius dan berhati-hati sebab pada masa ini kepribadian anak sangat mudah untuk dibentuk dan diarahkan

Baca Juga :  Ide-Ide Dan Strategi Manajemen Madrasah Ibtidaiyah

Sebaiknya kalau soal mengasuh anak pada usia dini orang tua harus berperan langsung. kebanyakan orang tua sekarang lebih mementingkan kesibukan pekerjaannya di bandingkan mengasuh anak itu sendiri, dengan adanya ke egoisan yang dilakukan oleh orang tua tersebut anak akan merasa kurang memperoleh kasih sayang dan perhatian secara langsung dari orang tua nya. Kehidupan anak usia dini lebih banyak dihabiskan bersama keluarga karna keluarga meruapakan lingkungan dimana anak tersebut mendapatkan kasih sayang dan perhatian.

Jika orang tua sejak awal sudah membekali atau mencontohkan kepada anak  dengan hal yang baik maka kemungkinan besar anak tersebut dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya ke arah yang positif. Dalam memberikan pendidikan pada anak sebaiknya dalam situasi yang menyenagkan agarsi anak tersebut mampu menerima apa yang sudah di arahkan oleh orang tuanya.

Tags: