Memelihara Ikan Koi

Ikan yang satu ini termasuk ikan hias. Namun, ikan ini terkenal dengan harga selangitnya. Ikan yang sering disebut berasal dari Jepang ini termasuk keluarga ikan mas (Cyprinus carpio). Ya, ikan ini adalah ikan koi. Dalam bahasa Jepang sendiri koi memiliki arti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di negara Jepang sendiri, ikan ini menjadi simbol cinta dan persahabatan. Termasuk dalam Kerajaan “animalia”, Filum “Chordata”,Kelas “Actinopterygii”,Ordo “Cypriniformes”,Famili “Cyprinidae”, Genus “Cyprinus”, Spesies C. carpio, dan mempunyai nama Cyprinus carpio.(“Koi” 2020)

Ikan yang satu ini termasuk ikan hias. Namun, ikan ini terkenal dengan harga selangitnya. Ikan yang sering disebut berasal dari Jepang ini termasuk keluarga ikan mas (Cyprinus carpio). Ya, ikan ini adalah ikan koi. Dalam bahasa Jepang sendiri koi memiliki arti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di negara Jepang sendiri, ikan ini menjadi simbol cinta dan persahabatan. Termasuk dalam Kerajaan “animalia”, Filum “Chordata”, Kelas “Actinopterygii”, Ordo “Cypriniformes”, Famili “Cyprinidae”, Genus “Cyprinus”, Spesies “C. carpio”, dan mempunyai nama Cyprinus carpio.(“Koi” 2020)

Jenis-jenis ikan koi dibedakan melalui warna, ukuran, serta pola yang dimilikinya. Hal ini pula yang mempengaruhi harga jual ikan koi sendiri. Adapun jenis-jenis ikan koi antara lain: 1. Kohaku koi, ikan ini memiliki dasar putih dan corak merah diatasnya. 2. Koi Sanke taisho, ikan ini memiliki dasar purih yang kemudian dikombinasikan dengan warna merah dan hitam yang sering ditemukan pada bagian punggungnya. 3. Koi Showa Sanshoku, ikan ini memiliki dasar warna putih dengan corak hitam yang dominan serta ada sedikit corak warna merah. Ikan koi jenis ini merupakan hasil persilangan antara jenis Kohaku dan Shiro Utsuri. 4. Koi Shiro Bekko, ikan koi ini termasuk ikan koi putih, ikan ini memiliki dasar putih dan corak hitam, hingga sering disebut koi hitam putih. Dan masih banyak lagi jenis ikan koi yang lainnya hasil dari persilangan antar jenis.(“13 Jenis Ikan Koi Yang Bagus Dan Mahal” n.d.)

Proses memelihara ikan koi pun termasuk hal yang sulit, apalagi bagi pemula yang memelihara ikan koi, jika tidak dengan benar kemungkinan besar akan mati semua. Hal pertama yang dilakukan ketika hendak memelihara ikan koi yaitu, tersedianya kolam yang cukup luas untuk mempermudah pergerakan ikan. Kemudian, pastikan air yang digunakan merupakan air yang jernih dan memiliki kadar keasaman yang rendah, sebab jika kadar air tersebut asam akan menimnbulkan kurangnya kenyamanan ikan. Jika air yang tersedia kadar asamnya tinggi bisa diberika garam khusus untuk ikan koi yang memiliki fungsi menurunkan kadar asam sekaligus menjernihkan air dan mencegah adanya parasit-parasit yang menempel pada tubuh ikan lalu ikan akan mati. Kemudian yang harus disiapkan juga pompa air untuk memberikan oksigen dalam kolam, juga dibutuhkan filter agar air dalam kolam bisa berganti setiap saatnya. Yang terpenting lagi, ikan koi tidak bisa bertahan pada air yang sangat dingin dan juga sangat panas.

Baca Juga :  Ayo Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat

 Pertama-tama yang harus dilakukan seorang pemula untuk memelihara ikan koi, untuk mengetahui apakah kolam ikan yang akan digunakan aman atau tidak yaitu, kolam diisi dengan air terlebih dahulu kemudian direndam selama 2 minggu untuk menghilangkan zat-zat berbahaya yang berasal dari bahan yang digunakan untuk membuat kolam, karena kebanyakan kolam ikan koi terbuat dari semen. Pada percobaan kedua, kolam diisi dengan satu ekor ikan kecil saja 1-3 hari, kemudian jika hasilnya ikan tersebut tetap bertahan hidup maka kolam ikan aman digunakan.

Hal-hal yang harus dilakukan ketika sudah memelihara ikan koi yaitu, memastikan ikan dalam keadaan sehat tanpa ada parasit yang menempel, jika sudah terlanjur parasit menempel pada tubuh ikan maka segerakan diberikan obat khusus untuk anti jamur agar parasit hilang dan ikan koi dapat bertahan hidup. Kemudian yng harus diperhatikan juga kebersihan kolam, filter kolam, oksigen dalam air. Untuk membersihkan kolam ikan koi bukan seperti membersihkan kolam ikan biasa yang air dalam kolam tersebut dihabiskan lalu ikannya dipidahkan dalam air baru, karena ikan koi akan mati jika langsung diberikan air baru. Maka ketika menguras kolam ikan koi yaitu menyisahkan sekitar ¼ air dalam kolam yang kemudian langsung diberikan air segar atau juga bisa air dalam kolam dikuras tetapi juga bersamaan dengan air yang mengalir dimasukkan dalam kolam. Hal yang terpenting yaitu dalam pemberain pakan ikan, memberikan pakan ikan koi sangatlah teratur. Tidak boleh terlalu banyak juga tidak boleh terlalu sedikit, sebab jika terlalu banyak maka kotoran dari ikan koi sangat banyak dan menjadikan air kolam menjadi asam kemudian ikan akan mati. Jika pakan ikan terlalu sedikit, maka ikan akan kelaparan lalu mati. Untuk pemberian pakan ikan koi dalam satu hari 2 kali, pada pagi hari dan sore hari. Untuk takaran tergantung banyaknya ikan dan besarya ikan. Suhu yang diperlukan dalam kolam sekitar 24-26 derajat celcius.

Baca Juga :  Prosedur penilaian pendidikan anak usia dini

Beragai manfaat yang dapat kita rasakan ketika memelihara ikan koi yaitu: 1. Mengurangi Stres, adanya gemericik air yang ditimbulkan dari filter ikan dan indahnya gerakan ketika ikan berenang serta corak yang menyenangkan ketika dilihat mampu mengurangi stres. 2. Mengobati Penyakit Alzheimer, geakan ikan yang sangat lincah dapat membuat orang yang melihatnya berpikir untur terus mengikuti setiap gerakan yang dibuat oleh ikan. Tanpa disadari hal tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan dapat membantu memperbaiki psikis serta tingkah laku penderita.3. Menambah Nilai Estetika Rumah, ikan koi memiliki warna yang sangat enak dipandang dan gerakan yang lincahnya. Namun keindahannya sangat lengkap jika tata letak kolam sangat sesuai. 4. Mendatangkan Keberuntungan, menurutmitos banyak yang mengatakan jika ikan koi membawa keberuntungan. Dalam kacamata pebisnis sagatlah banyak untungnya, karena jika budidaya ikan koi tersebut dilakukan hingga transaksi jual beli akan mendatangkan keuntungan dari segi matei yang sangat berlimpah. (Dyah Mulyaningtyas n.d.) by Umrotul Khoiroh Ummah

Tags: