Belajar di Rumah Itu Menyenangkan

Penyebaran virus korona semakin meluas. Salah satu langkah yang dilakukan  pemerintah untuk mencegah penularan virus yaitu dengan megadakan kegiatan pembelajaran dari rumah. kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah kini diganti dengan pembelajaran lewat android seperti whatssap group, google classroom, atau aplikasi yang lain.

Penyebaran virus korona semakin meluas. Salah satu langkah yang dilakukan  pemerintah untuk mencegah penularan virus yaitu dengan megadakan kegiatan pembelajaran dari rumah. kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah kini diganti dengan pembelajaran lewat android seperti whatssap group, google classroom, atau aplikasi yang lain.

Pada awalnya pembelajaran dengan sistem daring ini memiliki beberapa kendala seperti tidak seluruh wilayah Indonesia memiliki signal yang baik untuk mengakses internet. Di desa masih banyak orang tua yang gagap teknologi sehinga mereka mengalami kebingungan untuk mendampingi anaknya terutama yang usia sekolah dasar untuk belajar sistem daring ini. Selain itu, tidak semua siswa memiliki hp android terutama siswa dengan golongan ekonomi kebawah. Akhirnya kemendikbud memberikan solusi dengan  memunculkan progam belajar dari rumah lewat TVRI.

Pembelajaran dengan cara menonton TV ini sangat menyenangkan. Anak-anak tidak mendengarkan dan melihat guru yang menyampaikan materi yang membosankan, tetapi mereka belajar melalui animasi kartun yang ditayangkan. Rasanya seperti mereka menonton film kartun tetapi dalam film kartun tersebut terdapat materi pelajaran seperti pendidikan kewarganegaraan, matematika, dan lain-lain. Tidak hanya sekedar monoton saja, setelah tayangan kartun tersebut selesai anak-anak diberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membuat mereka lebih faham mengenai materi yang telah disampaikan.

Selain mengasyikkan bagi anak. Pembelajaran lewat TVRI ini membuat orang tua juga berperan dalam proses belajar anak. Orang tua mendampingi anaknya saat menonton tayangan pembelajaran ini dan merasakan menjadi guru sekolah untuk anaknya. Hal ini membuat kedekatan antara anak dan orang tuanya tuanya semakin bertambah.

Pembelajaran dengan menonton kartun ini sangat bagus. Anak diajarkan agar lebih kreatif dalam berfikir. Mereka juga dituntut untuk berfikir lebih kritis dengan mengerjakan soal HOT (Higher Order Thinking Skill). Hal ini sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak.

Baca Juga :  Manfaat Multimedia dalam Representasi Konsep Kimia

Dalam tayangan pembelajaran ini juga ada seorang guru yang menjelaskan dengan materi pembelajaran dengan cara yang kreatif sehingga membuat anak lebih mudah untuk memahami materi. Guru itu juga menggunakan pakaian adat dari suku-suku yang ada di Indonesia. Tujuanya adalah agar anak-anak lebih mengenal dengan adat dan kebudayaan suku-suku yang ada di Indonesia.

Belajar di rumah ternyata menyenangkan, selain membantu mencegah penyebaran korona juga membuat  anak lebih kreatif dan lebih dekat dengan orang tuanya. Walaupun unuk sementara waktu anak-anak tidak bisa bertemu dangan teman-teman dan guru disekolah seharusnya itu tidak menjadi maslah. Karena ini merupakan upaya agar penyebarab korona segera berhenti dan semua kegiatan bisa berjalan normal kembali. Inayatur Rofi’ah

Tags: