Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran

Pemilihan media pembelajaran dalam proses belaja rmengajar akan memberikan kontribusi pada efektivitas tujuan pembelajaran. Namun pemilihan media pembelajaran juga perlu mempertimbangkan lagi prinsip-prinsip yang harus di perhatikan.

Pemilihan media pembelajaran dalam proses belaja rmengajar akan memberikan kontribusi pada efektivitas tujuan pembelajaran. Namun pemilihan media pembelajaran juga perlu mempertimbangkan lagi prinsip-prinsip yang harus di perhatikan.

Berikut ini ada beberapa prinsip yang harus di perhatikan saat memilih media pembelajaran :

Efektivitas Media Pembelajaran

Prinisip utama pemilihan media pembelajaran adalah efektivitas media pembelajaran dalam mencapai tujuan dan efektivitas  untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran yang akan di sampaikan. Pendidikatau guru harus mempertimbakan apakah media pembelajaran yang digunakan sudah efektif  jika  dibandingkan dengan media yang lain. Selain itu guru juga harus mempertimbangkan apakah biaya media pembelajaran itu tadi sebandingdengan yang akan di dapa tsiswa.

Taraf Berfikir Siswa

Media pembelajaran juga harus di pilih berdasarkan dengan taraf berfikir siswa. Media pembelajran lebih baik menggunakan benda-benda yang bersifat kongkrit dibandingkan  media yang bersifat abstrak. Media pembelajaran anak SD tidak boleh serinci media pembelajarannyaanak SMP dan SMA. Jikatingkatkerumitan media pembelajarantidak di sesuaikandengantarafbefikirsiswabukannyasemakinmudahuntuk di pahami malah akan semakin membingungkan dan membuat anak tidak focus pada materi sehingga tidak mendapat hasil pembelajaran yang di harapkan.

Interaktivitas Media Pembelajaran

Prinsip selanjutnya dalam pemilihan media pembelajarana dalah interaktivitas. Seberapa interaktiv siswa terhadap media pembelajaran? Semakin interaktif media, maka akan semakin bagus media pembelajaran tersebut karena bias lebih mendorong siswa agar aktif dalam pelajaran.

MinatSiswaTerhadap Media Pembelajaran

Penting sekali bagi guru memperhatikan minat siswa dalam media pembelajaran, karena sebuah media pembejaran sangat mempengaruhi minat siswa. Ada beberapa media pembelajaran yang dapat mempengaruhi minat siswa lebih baik dari media pembelajaran yang lainnya.

Kemampuan Guru Menggunakan Media Pembelajran

Sebagus apapun medianya tidak akan efektif bilaguru tidak menguasai media tersebut, misalkan media pembelajaran berbasis computer jika gurunya tidak menguasai pembelajran yang berbasis computer makaakan sia-sia saja. Mengenai media pembelajaran yang akan di pilih guru harus menguasai/memahami media tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga :  Media Pembelajaran Scrap Book Struktur Bagian Tumbuhan

Fleksibelitas Media Pembelajaran

Prinsip selanjutnya adalah fleksibelitas, media yang di pilih guru harus memiliki fleksibelitas yang baik. Yang di maksud fleksibelitas di sini adalah dapat di gunakan dalam berbagai situasi. Kadangkala, saat proses media pembelajran berlangsung terjadi perubahan situasi yang berakibat tidak dapat digunakan lagi media tersebut. Contohnya media pembelajaran yang menggunakan sumber listrik dalam mengoprasikannya, bias saja menghambat pelajaran yang sedang berlangsung bila tiba-tibalistrikmati. Dll.[1]

Adapunmenurut Drs. Sudirman. N. (1991) beliauhanyamembagi 3 kategori prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran, sebagaiberikut:

  1. Tujuan pemilihan, pemilihan media pembelajaran yang akan di gunakan harus berdasarkan maksud dan tujuan pemilihan media yang tepat.
  2. Karakteristik media pembelajaran, setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik tertentu, baik di lihat dari segi keampuhan, cara pembuatannya, ataupun cara penggunaannya.
  3. Alternatifpilihan, memilihmerupakan proses pembuatan keputusan dari berbagai alternative seorang guru harus dapat memilih dan menentukan mengenai media pempelajran mana yang akan digunakan apabila terdapat beberapa media pembelajaran yang  dipertimbangkan.[2]
  1. Ketersediaan

Sangat penting agar kita mengetahui atau mensurvey terlebih dahulu apakah media yang akan di gunakan itu sudah tersedia? jika belum, apa media tersebut bisa didapat dengan mudah? Terdapat beberapa alternatif jika memang media yang akan di gunakan belum tersedia, yang pertama kita bisa membuat atau merancang sendiri media tersebut, kita bisa membuat bersama-sama dengan anak didik, meminjam atau bahkan membeli atau meminta bantuan dari pihak lain.

  • Biaya pengadaan

Beberapa penggunaan  media pembelajaran terkadang memerlukan biaya yang cukup besar, apakah tersedia biaya untuk itu ? apakah biaya yang di keluarkan seimbang dengan manfaat dan hasil penggunaannya ?. Untuk itu kita juga harus memikirkan bagaimana cara supaya biaya yang di kelurkan sepadan dengan apa yang di dapat, bahkan jika bisa lebih banyak yang di dapat dari pada yang di keluarkan

  • Alokasi waktu
Baca Juga :  Cara membuat Media Pembelajaran Pewayangan Pandhawa Versi Papan Display

Dalam proses pembelajaran waktu sangat berpengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran. Untuk itu saat hendak memilih media pembelajaran kita harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang di butuhkan atau apakah waktu tersebut cukup untuk penggunaannya.[3]


[1]‘In Reply: BEHAVIOUR THERAPY’, The British Journal of Psychiatry, 112.483 (1966), 211–12 <https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a>.

[2]Agus Prastya, ‘Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru’, Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii, 26 November, 2016, 294–302.

[3] Sungkono, ‘Artikel-PEMILIHAN MEDIA’.

Tags: