Pengertian dan macam-macam Sumber Belajar sebagai Komponen Media Pembelajaran

Menurut pakar pendidikan, sumber belajar adalah  segala macam sumber yang ada di luar diri siswa yang keberadaanya memudahkan  terjadiya proses belajar (Rohani, 1997: 102), seperti keterampilan, pengalaman, peristiwa, sikap teman, guru ataupun orang tua, dan norma-norma yang ada di lingkungan sekitar kita.

Menurut pakar pendidikan, sumber belajar adalah  segala macam sumber yang ada di luar diri siswa yang keberadaanya memudahkan  terjadiya proses belajar (Rohani, 1997: 102), seperti keterampilan, pengalaman, peristiwa, sikap teman, guru ataupun orang tua, dan norma-norma yang ada di lingkungan sekitar kita.

Edgar Dale menyatakan bahwa sumber belajar adalah pengalaman-pengalaman yang pada dasarnya  sangat luas layaknya kehidupan yang akan memberikan proses dialami dan mengalami yang dapat menimbulkan peristiwa dalam belajar.

Sedangkan menurut Association of Education and Communication Technology (AECT), sumber belajar (untuk teknologi pendidikan) adalah semua sumber (data, orang, dll.) yang dapat digunakan oleh orang yang belajar, baik itu individual maupun kombinasi yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran.

Sehingga, menurut kami, sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di luar diri manusia, baik itu data, manusia ataupun peristiwa, yang mengandung pembelajaran dan hal-hal positif yang dapat mengubah manusia menjadi lebih baik lagi, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dsb.

Pembelajaran sendiri merupakan proses yang membutuhkan berbagai resource (sumber daya) untuk menunjang keberhasilan dalam belajar. Salah satu hal yang dapat mengubah diri seorang manusia menjadi lebih baik adalah dari adanya sumber belajar, seperti membedakan hal baik dan hal buruk, hal terpuji dan hal tercela, hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan, dsb.

Macam-Macam Sumber Belajar

Ada berbagai macam sumber belajar yang ada di dunia ini. Berikut adalah macam-macam dari sumber belajar, yaitu:

  1. Pesan (message) : informasi yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk ide, arti, fakta, dan data. Contoh: semua bidang studi, seperti IPA, IPS, bahasa dan lainnya.
  2. Orang-manusia (people) : Bertindak sebagai penyimpan, pengolah, dan penyampai pesan. Contoh: guru dan teman.
  3. Media-software (materials) : sesuatu yang dapat menyampaikan pesan dengan menggunakan sebuah peralatan. Contoh: slide, film, dan power point.
  4. Peralatan-hardware (divide) : sebuah benda atau perangkat keras yang membantu atau menjadi perantara dalam menyampaikan pesan melalui media-software dalam proses belajar mengajar. Contoh: laptop, komputer, dan proyektor.
  5. Teknik-metode (technique) : prosedur rutin atau acuan yang disiapkan agar dapat menggunakan bahan, peralatan dan lingkungan , dan orang yang difungsikan untuk mentransmisikan pesan. Contoh: pengajaran dalam bantuan komputer.
  6. Lingkungan (setting) : Tempat (lingkungan sekitar) dimana pesan yang disampaikan tersebut diterima. Contoh: gedung sekolah, laboratorium dan lain-lain.
Baca Juga :  Media Pembelajaran Berbasis Visual

Tags: