Media Pembelajaran Berbasis Visual

Media Pembelajaran Berbasis Visual merupakan media yang melibatkan panca indera penglihatan  dan tanpa mengandung unsur suara, yang mampu menumbuhkan minat siswa dan dapat membuat siswa dengan mudah memahami isi materi yang telah disampaikan melalui perantara media visual tersebut.

Media Pembelajaran Berbasis Visual merupakan media yang melibatkan panca indera penglihatan  dan tanpa mengandung unsur suara, yang mampu menumbuhkan minat siswa dan dapat membuat siswa dengan mudah memahami isi materi yang telah disampaikan melalui perantara media visual tersebut.

Terdapat dua jenis pesan yang ada dalam media visual, yakni pesan verbal dan non verbal. Pesan verbal-visual terdiri atas kata-kata dalam bentuk tulisan, sedangkan non verbal-visual menyampaikan pesan melalui simbol-simbol atau unsur unsur grafis (Munadi Yudhi, 2008).

Bentuk media pembelajaran berbasis visual, antara lain : (Nugrahani, 2007, p. 38).

  1. Gambar representative, misalnya gambar, lukisan atau foto yang menunjukkan bagaimana tampaknya suatu benda.
  2. Diagram yang melukiskan hubungan-hubungan konsep, organisasi, dan struktur isi materi.
  3. Peta yang menunjukkan hubungan-hubungan ruang antara unsur-unsur dalam isi materi.
  4. Grafik, seperti table, chart (bagan) yang menyajikan gambaran atau kecenderungan data atau antar hubungan seperangkat gambar atau angka-angka.

Kesederhanaan dalam tata letak atau layout merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media pembelajaran berbasis visual ini. Hiasan-hiasan yang berlebihan dan dirasa tidak perlu bisa dihilangkan atau diminimalisir. Perhatian peserta didik juga harus dipusatkan pada gagasan pokok atau inti pembelajaran.

Gambar yang terlalu abstrak tidak terlalu jelas bagi peserta didik, sedangkan gambar yang terlalu konkret juga akan menimbulkan kebingungan bagi peserta didik. Sehingga demi meningkatkan efektivitas hasil belajar siswa, pendidik atau guru harus memperhatikan keterbacaan visual dalam membuat media pembelajaran berbasis visual. (Nugrahani, 2007, p. 39).

Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran media visual antara lain:

Kelebihan:(Jatmika, 2005)

  1. Bersifat konkret, karena kita dapat melihat dengan jelas materi yang telah disampaikan,
  2. Media visual memiliki tampilan yang menarik sehingga membuat anak didik lebih konsentrasi pada materi yang disampaikan.
  3. Media visual dapat mempermudah dalam memahami dan mengingat materi yang ditampilkan.
Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran

Kelemahan:(Lestari, 2014, pp. 166-167)

  1. Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya.
  2. Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
  3. Media visual berupa bahan cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan siswa untuk membacanya. Apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek.
  4. Apabila keterbacaan visual tidak diperhatikan, maka akan membuat pembelajaran kurang efektif.

Tags: