Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Wilbum Schramm mengelompokkan media pembelajaran menjadi dua kategori yaitu media modern (big media) dan media sederhana (little media). Media pembelajaran berbasis Komputer ini masuk dalam kategori media modern.

Wilbum Schramm mengelompokkan media pembelajaran menjadi dua kategori yaitu media modern (big media) dan media sederhana (little media). Media pembelajaran berbasis Komputer ini masuk dalam kategori media modern.

Sementara Anderson memberikan contoh kelompok media komputer yakni media berbasis komputer, Computer Assisted Instruction (CAI) dan Computer Based Instruction (CBI).(Maimunah, 2016)

Istilah pembelajaran berbasis komputer umumnya merujuk pada semua software pendidikan yang dimana semua pengguna komputer dapat mengakses dan berinteraksi dengan software tersebut.sistem komputer banyak sekali menyajikan serangkaian program pembelajaran kepada peserta didik misalnya berupa informasi, konsep, maupun latihan soal-soal yang, serta peserta didik melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer.

Komputer digunakan secara integral dalam suatu proses pembelajaran, yang berarti dalam kegiatan pembelajaran tersebut terjadi interaksi dua arah antara peserta didik dengan komputer. (Priyanto, 2009)

Jadi yang dimaksud dengan media pembelajaran berbasis komputer ialah media belajar yang berisi program (software) pembelajaran yang bersifat interaktif yakni gabungan antara teks, gambar, grafis, sound, animasi, movie, audio, dan video yang dibuat melalui program aplikasi kemudian dapat diakses atau ditayangkan dengan bantuan komputer. (Priyanto, 2009)

Kelebihan Media Pembelajaran berbasis Komputer:

  1. Di dalam tampilan komputer terdapat berbagai macam media program pembelajaran sehingga siswa atau peserta didik memiliki pengalaman yang beragam dari segala media.
  2. Dapat menghilangkan kebosanan siswa karena media yang digunakan lebih bervariasi.
  3. Sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri.

Kekurangan Media Pembelajaran berbasis Komputer:

  1. Membutuhkan cukup banyak biaya.
  2. Membutuhkan perencanaan yang matang dan tenaga yang professional.

Baca Juga :  Cara Membuat Media Pembelajaran Papan Blok atau Lingkaran Blok
Tags: