Pengertian Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran

Menurut Mulyasa menjelaskan secara sederhana bahwa, sumber belajar belajar dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam proses belajar mengajar.

Pengertian Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran

Sedangkan menurut badan standart nasioal menjelaskan bahwa sumber belajar adalah rujukan, objek, dan bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.

Menurut depdiknas menjelaskan bahwa sumber belajar yang paling utama bagi seorang guru adalah sarana cetak seperti buku, brosur, majalah, surat kabar, poster, lembar informasi, peta, foto, dan lingkungan sekitar. Bedasarkan beberapa pendapat dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat mendukung dan mempermudah terjadinya kegiatan pembelajaran yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan belajar maupun tujuan kompetensi yang telah ditentukan.

Sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran tidak terbatas pada buku saja akan tetapi sumber belajar dapat beupa pesan, orang, alat, bahan, teknik, dan lingkungan yang dapat mendukung proses pembelajaran.

Pembelajaran sendiri merupakan proses yang membutuhkan berbagai resource (sumber daya) untuk menunjang keberhasilan dalam belajar maupun keberhasilan dalam mencapai tujuan belajar. Salah satu hal yang dapat mengubah diri seorang manusia menjadi lebih baik adalah adanya sumber belajar, seperti membedakan hal baik dan hal buruk, hal terpuji dan hal tercela, hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan.

Dengan demikian, sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran adalah segala suatu sumber belajar atau media yang dibuat terlebih dahulu agar dalam kegiatan proses pembuatan, pemilihan dan pemanfaatan, dapat disatukan ke dalam sistem pembelajaran yang efektif dan efesien, agar dapat mewujudkan proses belajar yang terkontrol dan berarah tujuan.

Baca Juga :  Membaca Permulaan Pada Anak Paud
Tags: