Karakteristik Madrasah

Pada mulanya karakteristik pendidikan Islam adalah penekanan pada pencarian ilmu pengetahuan, penguasaan dan pengembangan atas dasar ibadah kepada Allah SWT. Setiap penganut Islam diwajibkan mencari ilmu pengetahuan untuk dipahami secara mendalam yang dalam taraf selanjutnya dikembangkan dalam kerangka ibadah guna kemaslahatan ummat manusia.

Karakteristik Madrasah

Pencarian, penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan ini merupakan suatu proses yang berkesinambungan, dan pada prinsipnya  berlangsung seumur hidup. Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah Life Long Education dalam sistem pendidikan modern, sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW dalam hadits, bahwa diwajibkan bagi orang muslim untuk mencari ilmu, mulai lahir sampai ke liang lahat.

Sebagai sebuah ibadah, pendidikan Islam sangat menekankan pada nilai – nilai akhlak, yakni kejujuran, sikap tawadhu’, dan menghormati sumber pengetahuan, yang merupakan prinsip-prinsip penting yang perlu dipegangi setiap pencari ilmu.

Karakteristik lain, adalah pengakuan akan potensi dan kemampuan seseorang untuk berkembang dalam suatu kepribadian. Setiap pencari ilmu dipandang sebagai makhluk Allah SWT yang perlu dihormati dan disantuni agar potensi – potensi yang dimilikinya dapat teraktualisasi dengan sebaik – baiknya, dan pengamalan ilmu pengetahuan atas dasar tanggung jawah kepada Allah SWT. dan umat manusia.

Secara formal, karakteristik pendidikan Islam khususnya Madrasah Aliyah meliputi unsur-unsur seperti : pelaksanaan kurikulum terpadu, sistem evaluasi pengajaran, praktek ibadah, hubungan guru dan siswa, kedisiplinan, rekrutmen tenaga pengajar, profil lulusan, pengelolaan sumber daya manusia dan sumber dana. Yang kesemuanya itu, dikelola dan dikembangkan atas dasar ibadah kepada Allah SWT.

Berdasarkan kerangka pemikiran tersebut, maka perumusan konsep pendidikan Islam sebaiknya meliputi dua sudut pandang sekaligus, yaitu pendidikan sebagai fenomena kemanusiaan dan fenomena sosial budaya.

Baca Juga :  Mengenal Kampung Inggris Pare Kediri
Tags: