Manajemen Pendidikan MI

  • Whatsapp
Undangan Digital
Istilah manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu dari kata to manage yang berarti mengurus, mengatur, melaksanakan, mengelola dan memperlakukan. Dalam Islam, terdapat pengertian yang sama adalah al-tadbir (pengaturan). Kata ini merupakan derivasi dari kata dabbara (mengatur) yang banyak terdapat dalam al qur’an seperti firman Allah SWT  yang artinya Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu[1190]
Manajemen Pendidikan MI
[1190] Maksud urusan itu naik kepadanya ialah beritanya yang dibawa oleh malaikat. ayat ini suatu tamsil bagi kebesaran Allah dan keagunganNya. Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah SWT adalah pengatur alam (manager). Keteraturan alam raya ini  merupakan bukti kebesaran Allah SWT dalam mengelola alam semesta.akan tetapi dalam konteks ini Allah telah menciptakan manusia dan dijadikan sebagai khalifah (pemimpin) di bumi. Maka, manusia diberikan tugas dan tanggungjawab untuk mengatur dan mengelola bumi dengan sebaik – baiknya sebagaimana Allah mengatur alam raya beserta isinya ini. Ajaran Islam memerintahkan kepada umatnya untuk dapat mengerjakan segala aktivitas yang baik harus dilakukan secara rapi, benar, tertib, dan teratur sesuai dengan proses yang diperintahkan. G.R. Terry (1986) –sebagaimana dikutip Malayu S.P Hasibuan (1996)- memandang manajemen sebagai suatu proses, sebagai berikut: “Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources”. Sementara, Malayu S.P. Hasibuan (1995) dalam bukunya “Manajemen Sumber Daya Manusia” mengemukakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
Baca Juga :  Relakan atau tidak sama sekali
Manajemen kemudian diartikan sebagai suatu rentetan langkah yang terpadu untuk mengembangkan suatu organisasi sebagai suatu system yang bersifat sosio-ekonomi-teknis; dimana system adalah suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari bagian-bagian yang berhubungan secara organik; dinamis berarti bergerak, berkembang ke arah suatu tujuan; sosio (social) berarti yang bergerak di dalam dan yang menggerakkan sistem itu adalah manusia; ekonomi berarti kegiatan dalam sistem bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia; dan teknis berarti dalam kegiatan dipakai harta, alat-alat dan cara-cara tertentu.

Pos terkait