Landasan dan tujuan Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Membahas landasan manajemen pendidikan madrasah itu sebenarnya tidak terlepas dari beberapa asumsi pemahaman tentang penyelenggaraan lembaga pendidikan islam itu sendiri. Hal ini disebabkan lembaga pendidikan Islam mempunyai karakterisitik sendiri sesuai dengan core value yang dikembangkannya.

Landasan  dan tujuan Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Nilai nilai inti yang menjadi ajaran Islam inilah yang akan mewarnai proses pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan Islam. Perilaku manajerial dalam mengelola lembaga pendidikan Islam harus senantiasa didasarkan pada ajaran – ajaran Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Al Hadits serta praktik – praktik keteladanan yang diberikan oleh para ulama dan pemimpin Islam.

Lembaga pendidikan Islam yang dimaksudkan antara lain 1. Pendidikan pondok pesantren, 2. Pendidikan madrasah dan pendidikan lanjutan, seperti IAIN/STAIN,UIN atau perguruan tinggi Islam yang bernaung dibawah kementerian Agama, 3. Pendidikan umum yang bernapaskan Islam yang diselenggarakan oleh dan/atau berada di bawah naungan yayasan dan organisasi Islam, 4. Pelajaran agama Islam yang diselenggarakan di lembaga lembaga pendidikan umum hanya sebagai suatu mata pelajaran atau mata kuliah, 5. Pendidikan Islam dalam keluarga atau tempat – tempat ibadah dan/atau forum – forum kajian keislaman, majelis ta’lim, dan sebagainya. (Muhaimin,2001:104).

Dalam upaya untuk membenahi lembaga pendidikan Islam agar berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi maka kebenaran – kebenaran teori yang ada dalam dunia bisnis dan pendidikan secara umum maupun dari hasil – hasil penelitian yang tidak bertentangan dengan nilai – nilai Islam dapat dijadikan rujukan untuk membenahi dan meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam dapat dijadikan rujukan untuk membenahi dan meningkatkan mutu lembaga pendidikan secara keseluruhan. Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar dalam membenahi lembaga pendidikan Islam agar bisa menjadi berkualitas dan diminati oleh masyarakat Islam yang ada pada saat ini.

Tujuan Manajemen Pendidikan MI

Baca Juga :  Pendidikan Sebagai Basis Kebudayaan

Manajemen pendidikan madrasah memiliki tujuan tidak lain yakni untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing madrasah melalui pemberian kewenangan dalam mengelola madrasah sesuai core value yang dikembangkan oleh madrasah dan mendorong partisipasi warga masyarakat madrash dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Secara khusus mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemandirian, fleksibilitas, partisipasi, keterbukaan, kerjasama, akuntabilitas, sustanbilitas,dan inisiatif madrasah dalam mengelola, memanfaatkan, dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
  2. Meningkatkan kepedulian warga madrash dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
  3. Meningkatkan tanggungjawab madrasah kepada orangtua, masyarakat, dan pemerintah untuk meningkatkan mutu madrasah.
  4. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Karena pada dasarnya manajemen pendidikan madrasah tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum, dan tujuan pendidikan itu sendiri memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan. Karena itu tujuan pendidikan mempunyai dua fungsi yaitu memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan menduduki posisi penting diantara komponen-komponen pendidikan lainnya.

Menurut Undang-Undang RI no. 20 tahun 2003, pada pasal 3 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tags: