Ide-Ide Dan Strategi Manajemen Madrasah Ibtidaiyah

  • Whatsapp
Undangan Digital

Untuk mengembangkan ide-ide dan strategi yang kreatif dalam pengembangan Manajemen Madrasah Ibtidaiyah adalah dengan berangkat dari Visi, Misi, Tujuan dan sasaran Madrasah itu sendiri, yang kemudian dapat dilanjutkan dengan cara memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada di Madrasah Ibtidaiyah tersebut.

Ide-Ide Dan Strategi Manajemen Madrasah Ibtidaiyah
Ide-ide kreatif pendidikan juga dapat dilaksanakan dengan mengembangkan 8 Standar Nasional Pendidikan yang meliputi:[1]
  1. Standar isi
  2. Standar proses
  3. Standar kompetensi lulusan;
  4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan;
  5. Standar sarana dan prasarana;
  6. Standar pengelolaan;
  7. Standar pembiayaan;dan        
  8. Standar penilaian pendidikan
Kehadiran manajemen dalam sebuah organisasi bertujuan untuk melaksanakan kegiatan agar suatu tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dan untuk meningkatkan mutu dari Madrasah Ibtidaiyah diperlukan ide-ide dan strategi yang digunakan untuk mencapainya. Strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari Madrasah Ibtidaiyah diantaranya adalah dengan mengembangkan 8 dari standar pendidikan nasional di atas. dengan melaksanakan dan memaksimalkan 8 standar pendidikan nasional di atas, maka terciptalah Madrasah Ibtidaiyah yang berkualitas. Selain itu,  ide-ide dan strategi peningkatan mutu Madrasah Ibtidaiyah dapat juga dilakukan dengan memaksimalkan serta memperbaiki garapan/komponen-komponen dari manajemen Madrasah Ibtidaiyah itu sendiri, yang meliputi beberapa komponen manajemen, diantaranya: [2]
  1. Manajemen Peserta Didik
Knezevich(1961) mengungkapkan bahwa manajemen peserta didik merupakan layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan, dan layanan individual peserta didik seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang mendapatkan proses pendidikan di sekolah.[3] Peserta didik merupakan personil sekolah yang paling penting, karena peserta didik lah yang menjadi subyek dari pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan manajemen peserta didik yang baik, untuk mencetak peserta didik yang sesuai dengan harapan Madrasah Ibtidaiyah, yaitu peserta didik yang unggul dan berwawasan global.
Baca Juga :  Lingkungan Dan Manusia
Manajemen peserta didik berfungsi sebagai wadah dan wahana untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik sehingga mampu berkembang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang ada di masyarakat baik dalam aspek kepribadian, sosial, maupun intelektualnya. Manajemen peserta didik mencakup seluruh proses dalam pengelolaan peserta didik dalam sebuah sistem pendidikan. Ruang lingkup manajemen peserta didik ini meliputi: Analisis kebutuhan, Rekrutmen, Seleksi dan penerimaan, Proses pencatatan dan Pelaporan, Orientasi, Penempatan, Pembinaan dan pengajaran, kelulusan dan alumni.

Pos terkait