Manajemen Kelas

  • Whatsapp
Undangan Digital
Kelas dapat diartikan sebagai kegiatan belajar yang diberikan oleh guru dalam suatu tempat, ruangan, tingkat, dan waktu tertentu. Berkaitan dengan manajemen kelas, ada beberapa pandangan yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam mengelola kelas.
  1. Pandangan otoriter, menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah proses mengontrol tingkah laku siswa yang bersifat otoritatif sebagai aktivitas guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas.
  2. Pandangan permisif yang memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berbuat apa saja yang dinginkannya dan merupakan seperangkat aktivitas guru dalam mengoptimalkan kebebasan peserta didik.
  3. Pandangan tingkah laku yang didasarkan pada prinsip-prinsip perubahan tingkah laku yang menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah pengubahan tingkah laku peserta didik yang dikehendaki oleh tujuan belajar berdasarkan penerapan prinsip-prinsip yang diambil dari teori penguatan, sehingga manajemen kelas dapat didefinisikan sebagai seperangkat aktivitas pengajar untuk mengembangkan perilaku siswa yang diinginkan, dan mengurangi atau meniadakan perilaku siswa yang tidak diinginkan.
  4. Pandangan hubungan interpersonal yang menyatakan bahwa pengelolaan kelas merupakan proses penciptaan iklim sosio-emosiomal yang positif di dalam kelas.
  5. Pandangan sistem sosial/kelompok menyatakan bahwa kelas merupakaan sistem sosial dengan proses kelompok (group process) sebagai intinya.[1]
Pandangan pertama dan kedua menunjukkan pada pengertian yang cukup ekstrem. Oleh karena itu, kedua pandangan tersebut dianggap tidak sesuai lagi karena saling kontradiktif dan tidak relevan dengan pendidikan di Indonesia. Hal ini berbeda dengan tiga pandangan yang terakhir (pengubahan tingkah laku, hubungan interpersonal, dan sistem sosial/kelompok) karena pandangan ini memiliki muatan filosofis maupun praktis. Oleh karena itu, ketiga pandangan ini dapat diterima sebagai pandangan pluralistik yang menegaskan bahwa manejemen kelas merupakan seperangkat perilaku guru untuk mengembangkan perilaku siswa yang diinginkan, mengembangkan hubungan interpersonal dan iklim sosio-emosional yang positif serta mengembangkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif dan produktif. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas adalah proses atau upaya yang dilaksanakan oleh seorang guru secara sistematis untuk menciptakan atau mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam upaya menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pos terkait