Macam-macam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Adapun dibawah ini adalah macam-macam evaluasi pembelajaran untuk anak usia dini, sebagai berikut:
  1. Pemberian Tugas
Pemberian tugas ialah salah satu cara penilaian anak didik berupa tugas yang harus dikerjakan oleh anak didik dalam waktu tertentu dan dapat dilakukan individu maupun berkelompok.
  • Observasi
Cara pengumpulan data untuk mendapatkan informasi dengan melalui pengamatan langsung terhadap sikap dan perilaku anak.
  • Anekdot record
Anecdotal Record atau catatan anekdot merupakan kumpulan catatan peristiwa penting atau jejak rekam tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu. Catatan itu dapat digunakan untuk mengetahui kreativitas anak yang bersifat positif maupun yang negatif, dan kemudian oleh guru ditafsirkan sebagai bahan penilaian pada setiap akhir semester.
  • Unjuk Kerja
Pada penilaian unjuk kerja ini dilakukan berdasarkan tugas anak didik dalam melakukan perbuatan yang diamati oleh guru. Misalnya dalam berdoa, bernyanyi, dan berolahraga.
  • Percakapan
Tujuan percakapan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi pengetahuan dan penalaran anak dalam mengetahui sesuatu. Maksud dari percakapan disini adalah pengumpulan data dengan cara komunikasi dengan sumber informasi yang dilakukan dengan dialog (Tanya jawab). Penilaian percakapan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu percakapan terstruktur dan tidak terstruktur.
  1. Percakapan Terstruktur
Dalam melakukan percakapan terstruktur ini, guru melakukan dengan mengacu pada aturan yang sudah dibuat sebelumnya walaupun dengan sederhana. Dalam hal ini juga guru melakukan dengan sengaja ingin menilai pemahaman anak terhadap kemampuan tertentu seperti berdoa, bernyanyi, menirukan ucapan guru, menyebutkan nama-nama benda, menyatakan perasaan yang sedang dirasakan, serta menceritakan tentang percobaan yang dilakukan.

  • Percakapan Tidak Terstruktur
Bedanya dengan percakapan terstruktur adalah percakapan tidak terstruktur ini adalah menilai yang dilakukan anak didik  tanpa adanya persiapan terlebih dahulu sebelumnya pada jam istirahat atau sedang mengerjakan tugas.
Baca Juga :  Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa
  • Portofolio
Portofolio adalah kumpulan tugas dan pekerjaan seseorang yang dilakukan secara sistematis. Berdasarkan pengertian ini guru dapat mengoreksi karya peserta didik berdasarkan aturan tertentu. Di dunia pendidikan portfolio berarti pengumpulan karya anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran pada satuan pendidikan tertentu.

Pos terkait