Prinsip Evaluasi Pembelajaran AUD

  • Whatsapp
Undangan Digital
Evaluasi pembelajaran sangatlah penting, maka dari itu, perlu di perhatikan prinsip-prinsip evaluasi. Menurut Waseso dkk (2005:1,22) evaluasi pembelajaran di TK memiliki 6 prinsip antara lain :
  1. Komprehensi. Evaluasi hendaknya mencakup seluruh aspek yang akan dinilai, baik untuk bidang pengembangan kemampuan dasar dan bidang pengembangan perilaku.
  2. Keterandalan atau realibilitas. Evaluasi harus memiliki kepercayaan yang tinggi  dari hasil yang telah dicapainya tanpa dipengaruhi banyak unsur waktu dan orang yang melakukannya.
  3. Validitas. Evaluasi yang baik hendaknya mengevaluasi secara tepat apa yang  akan dievaluasi, dengan menggunakan alat evaluasi yang tepat.
  4. Kesinambungan. Evaluasi harus dilakukan secara kesinambungan dalam jangka waktu yang cukup, bukan hasil pengamatan sesaat, sehingga memungkinkan untuk para guru memperoleh kesimpulan akhir yang akurat dan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  5. Objektif. Bahwa penafsiran terhadap informasi dalam evaluasi harus apa adanya, sesuai kenyataan, menghindari dari subjekvitas sehingga akan menghasilkan nilai yang relatif sama meskipun penilaiannya berbeda.
Bermakna. Evaluasi harus bermakna, artinya memiliki manfaaat atau nilai guna pembelajaran secara keseluruhan
Baca Juga :  Tujuan Pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Pos terkait