Teknik-teknik Evaluasi Perkembangan

  • Whatsapp
Undangan Digital

Evaluasi dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran atau deskripsi pertumbuhan dan perkembangan anak didik yang diperoleh dengan menggunakan teknik evaluasi serta serangkaian prosedur. Dalam melaksanakan evaluasi, cara yang dapat digunakan yaitu dengan observasi dan portofolio.

1.    Observasi Observasi merupakan pengamatan objektif tentang apa yang dilakukan dan diucapkan oleh anak. Meskipun  sebagai pendidik, kita merasa telah mengenal mereka, namun selalu ada hal-hal baru yang ditunjukkan oleh anak sehingga observasi harus dilakukan pendidik secara berkala. Saat melakukan observasi, pendidik dapat mengetahui keunikan dan kekhasan setiap anak sebagai dasar membangun hubungan dengan anak dan merencanakan pengalaman pembelajaran yang memungkinkan setiap anak untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, kemampuan observasi bagi seorang pendidik anak usia dini merupakan suatu kompetensi yang mesti dimiliki. Keuntungan dari observasi yang dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan anak adalah: a.    Memberikan pengamatan yang mendalam kepada seorang anak. b.    Dengan memusatkan ungkapan bahasa anak di dalam ruang kelas, ini merupakan kunci untuk mengevaluasi perkembangan anak. c.    Dengan memusatkan kepada apa yang bisa dilakukan dan dikatakan seorang anak, bukan pada apa yang tidak bisa dilakukan seorang anak,ini merupakan dasar perencanaan untuk masa depan. d.    Membantu pendidik untuk melihat tahap perkembangan anak, serta membantu meningkatkan perkembangannya. e.    Membantu pendidik untuk dapat merencanakan rencana belajar yang baik bagi anak berdasarkan tahap perkembangan anak. f.    Membantu pendidik untuk dapat menjalankan rencana belajar dengan baik guna mendukung tahap perkembangan anak. g.    Membantu pendidik dalam pengumpulan data yang sesuai dengan kurikulum guna pengambilan keputusan mengenai tahap perkembangan anak. h.    Membantu merencanakan pemberian pijakan/dukungan kepada anak. i.    Memberikan informasi kepada orangtua sehingga mereka memahami
Baca Juga :  Tanah Surga
perkembangan dan pembelajaran anak lebih baik lagi. j.    Memberikan informasi yang dapat dilihat kembali, didiskusikan, dan diinterpretasikan dengan tim pendidik dan pengelola. k.  Menunjukkan   karya   anak   ke   khalayak   umum   dengan mengikutsertakan pada pameran tentang ragam bahasa yang diungkapkan anak.

Pos terkait