Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran

Tujuan Media Pembelajaran

  1. Mempercepat proses belajar
  2. Mengefektifkan proses belajar
  3. Meningkatkan kualitas kegiatan belajar
  4. Menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak

Media pembelajaran memiliki berbagai manfaat, manfaat,  diantaranya[1]:

  1. Secara umum, media pembelajaran mempunyai manfaat sebagai sarana komunikasi antara guru atau fasilitator dan siswa atau pembelajar agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan pembelajar dapat memahami apa yang disampaikan oleh fasilitator.
  2. Proses pembelajaran lebih jelas

Hal ini jelas sekali memiliki manfaat yang besar untuk guru atau fasilitator karena disaat pembelajaran praktek yang tidak bisa hanya menggunakan verbal atau ucpan maka media pembelajaran ini dapat membuat proses pembelajaran tersebut lebih jelas sehingga mudah dipahami.

  • Proses pembelajaran lebih menarik

Terkadang kegiatan belajar yang hanya menggunakan verbal akan membuat anak lebih cepat merasa bosan, dengan adanya media pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran dapat lebih menarik dan menyenangkan.

  • Proses pembelajaran interaktif

Dengan adanya media pembelajaran pembelajar atau siswa akan lebih mudah untuk merespon pembelajaran dari fasilitator atau guru, siswa akan menjadi lebih aktif.

  • Proses belajar siswa atau pembelajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

Media pembelajaran membuat fasilitator dapat melakukan kegiatan belajar dimana pun dan kapan pun. Sebagai contoh saat melakukan proses belajar mengajar mengamati hewan-hewan herbivore, omnivore, karnivora, maka fasilitator dapat menggunakan kebun binatang sebagai tempat pembelajaran.

  • Menjadikan guru atau fasilitator lebih produktif

Dengan adanya media pembelajaran fasilitator atau guru akan lebih leluasa dalam mengeksplore kreatifitas yang ada pada dirinya, selain itu, guru dapat mengembangkan ide-ide yang dapat dituangkan di dalam media pembelajaran sebagai bahan ajar untuk pembelajar.


[1] Isran Rasyid Karo-Karo and Rohani Rohani, ‘MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN’, AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7.1 (2018) [accessed 4 October 2020].

Baca Juga :  Dampak Negatif Dan Positif Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *