Prinsip-Prinsip Pemilihan Media

  • Whatsapp
Undangan Digital

Prinsp-prinsip pada pemilihan media pembelajaran ini merujuk pada suatu pertimbangan seorang guru dalam memilih atau menggunakan suatu media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar. Setelah itu guru dapat menentukan pilihan media yang aka ndigunakan, tetapi guru dituntut untuk dapat memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Media yang baik, belum tentu menjamin keberhasilan belajar seorang siswa, jika guru tidak dapat memanfaatkan media dengan baik.

Maka kita sebagai guru harus bisa memanfaatkan media dengan sebaik mungkin dengan menyesuaikan prinsip-prinsip pemilihan media di antaranya (1) adanya kejelasan maksud dan tujuan pemilihan media, (2) adanya familiaritas media, (3) ada sejumlah media yang dipertimbangkan, (4) adanya kriteria atau norma dalam pemilihan. (Abidin, 2016) Menurut Rumampuk (1988) mengatakan bahwa prinsip-prinsip pemilihan media adalah sebagai berikut :
  1. Harus mengetahui jelas tidaknya media yang dipilih dan apakah media yang dipilih memiliki tujuan yang benar untuk dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar.
  2. Pada pemilihan media harus bersifat objektif, bukan hanya kesenangan pengajar ataupun digunakan sebagai hiburan saja. Namun pada pemilihan media harus didasarkan oleh pertimbangan untuk menigkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
  3. Setiap media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kita sebagai guru atau pengajar, harus memperperhatikan media yang kita pilih, apakah media tersebut memiliki kelebihan untuk mencapai tujuan pembelajaran di kelas.
  4. Saat memilih media kita sebagai pengajar harus menyesuaikan dengan metode dan materi pada saat mengajar, karena media menjadi bagian proses dari belajar mengajar.
  5. Ketika memilih media harus tepat dan sebagai guru harus mengenali ciri-ciri dari masing-masing media yang dipilih.
  6. Pada pemilihan media harus menyesuaikan kondisi fisik lingkungan. (Sumiharsono & Hasanah, 2017)
Drs. Sudirman N. berpendapat bahwa prinaip pemilihan media pembelajaran dibagi tiga, yakni :
Baca Juga :  Pembelajaran Literasi Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Di Era New Normal
  1. Media memiliki tujuan yang jelas serta mempertimbangkan peserta didik. Dengan kata lain, media harus sesuai dengan tingkat jenjang pendidikan.
  2. Memahami karakteristik berbagai media untuk dapat mempertimbangkan media sesuai kebutuhan.
  3. Ada alternatif pilihan, karena dalam pembelajaran membutuhkan media yang beragam. (Nurmadiah, 2016)

Pos terkait