Prinsip-Prinsip Pengembangan Media Berbasis Lingkungan

  • Whatsapp
Undangan Digital

Salah satu prinsip penggunaan media pembelajaran adalah anak harus dipersiapkan dan diperlakukan sebagai peserta yang aktif serta ikut bertanggungjawab dalam seluruh aktivitas kegiatan pembelajaran, supaya mampu menggugah motivasi dan minat belajar anak dalam kegiatan belajar mengajar. (Rochanah, 2018) Setelah kita menentukan pilihan media yang akan digunakan, maka pada akhirnya kita dituntut untuk dapat memanfaatkannya dalam proses pembelajaran.

Media yang baik belum tentu menjamin keberhasilan belajar pembelajar jika kita tidak dapat mengembangkannya dengan baik. Untuk itu, media yang telah kita pilih dengan tepat harus dapat kita manfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan prinsip-prinsip pemanfaatan media. Ada beberapa prinsip umum yang perlu kita perhatikan dalam pemanfaatan media pembelajaran:
  1. Setiap jenis media, memiliki kelebihan dan kelemahan. Tidak ada satu jenis media yang cocok untuk semua proses pembelajaran dan dapat mencapai semua tujuan belajar. Ibaratnya, tak ada satu jenis obat yang manjur untuk semua jenis penyakit.
  2. Penggunaan beberapa macam media secara bervariasi memang diperlukan. Namun harap diingat, bahwa penggunaan media yang terlalu banyak sekaligus dalam suatu kegiatan pembelajaran, justru akan membingungkan pembelajar dan tidak akan memperjels pelajaran.
  3. Penggunaan media harus dapat memperlakukan pelajar secara aktif. Lebih baik menggunakan media yang sederhana yang dapat mengaktifkan seluruh pembelajar daripada media canggih namun justru membuat pembelajar kita terheran-heran pasif.(Falahudin, 2014)
Sejumlah prinsip yang harus diperhatikan agar media pembelajaran benar-benar digunakan untuk membelajarkan peserta didik sebagai berikut:
  1. Media yang digunakan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media yang digunakan bukan sebagai alat hiburan, atau tidak semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan materi, akan tetapi benar-benar membantu peserta didik belajar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pelajaran. Media yang akan digunakan harus sesuai dengan kompleksitas materi pelajaran. Misalnya untuk membelajarkan peserta didik memahami jumlah profesi penduduk atau daerah, maka guru perlu mempersiapkan semacam grafik yang mencerminkan materi itu.
  3. Media yang akan digunakan harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik. Guru harus memperhatikan setiap kemampuan dan gaya belajar peserta didik. Setiap peserta didik memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda-beda. Peserta didik yang memiliki kemampuan mendengar yang kurang baik, akan sulit memahami pelajaran manakala menggunakan media yang bersifat auditif. Demikian sebaliknya, peserta didik yang memiliki kemampuan melihat yang kurang baik, maka akan sulit menerima materi manakala bahan yang disajikan bersifat visual.
  4. Media yang digunakan harus memperhatikan efektifitas dan efisien. Media canggih biasanya mahal, namun belum tentu efektif dalam mencapai tujuan. Demikian juga media yang sederhana dan murah belum tentu tidak memiliki nilai.
  5. Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam megoperasikannya. Media yang canggih seperti media komputer dan media elktronik memerlukan kemampuan khusus dalam mengoperasikannya. Walaupun media tersebut canggih dan dianggap modern namun tidak memiliki kemampuan mengoperasikanna pembelajran tidak akan berjalan secara baik. Oleh karena itu, guru perlu mempelajarai dahulu bagaimana mengopeasikan dan memanfaatkan media yang akan digunakan.(Warliah, 2018)
Di dalam media pembelajaran tidak hanya alat-alat saja yang bisa sebagai sarana pembelajaran sehari-hari, tetapi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kita bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran dengan baik dan bijak. Jadi kita sebagai guru harus kreatif dalam mengolah dan memanfaatkan media pembelajaran lingkungan dengan sangat bermanfaat. Media yang biasanya kita gunakan adalah alat-alat peraga yang sederhana yang berada di lingkungan sekitar kita pada umunya.(Juariyah, 2014) Ada beberapa prinsip yang harus kita perhatikan dalam mengembangkan media berbasis lingkungan:

Pos terkait